Bupati Sukamta Minta Pemerintah Bangun Pabrik Minyak Makan Merah di Tala

Banuaterkini.com - Jumat, 13 Januari 2023 | 08:41 WIB

Post View : 28

Bupati Tanah Laut, HM Sukamta saat bertemu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki didampingi Anggota DPR RI Rifqi Nizhamy Karsa Yudha, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tala. Foto: Prokopim Tala.

Laporan: Ari Cahyadi l Editor: Ghazali Rahman

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) meminta agar Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMK) membangun pabrik minyak makan merah di Tanah Laut.

Pelaihari, Banuaterkini.com - Kabupaten Tala melalui Koperasi Sawit Makmur saat ini sudah memiliki pabrik kelapa sawit yang kapasitas produksi Crude Palm Ool (CPO)-nya mencapai 150 hingga 200 ton per hari. 

Dengan tingkat produksi seperti itu, Bupati Tala HM Sukamta berencana mengajukan permohonan kepada Menteri Koperasi dan UKM untuk membangun pabrik minyak makan merah.

Rencana tersebut terungkap saat Bupati Sukamta dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dalam rangka pembangunan rumah produksi bersama UMKM Pabrik Karet di Koperasi Bokar Tala dan pembangunan pabrik minyak makan merah di Koperasi Sawit Makmur, Rabu (11/1/2023).

“Kami harap pak Menteri bisa membantu koperasi kami untuk bisa membangun pabrik minyak makan merah, karena ini akan memberikan kontribusi yang luar biasa sekaligus kami bisa memberi garansi jika terjadi kelangkaan minyak goreng,” ujar Sukamta, di Kemenkop UKM, Jakarta Selatan, saat diterima langsung Menkop UKM Teten Masduki.

Rombongan Pemkab Tala dipimpin Bupati HM Sukamta meminta Pemerintah membangun pabrik minyak makan merah di Tala. Foto: Prokopim Tala.

Pada kesempatan ini Sukamta juga memaparkan, keinginan untuk membangun pabrik minyak makan merah ini sejalan dengan persiapan Kabupaten Tala yang lokasinya juga dekat dengan Ibu Kota Negara (IKN), untuk memberikan kontribusi langsung terhadap keberadaan IKN.

Dijelaskan Sukamta, Kabupaten Tala saat ini memiliki luasan kawasan kelapa sawit sekitar 12 ribu hektar yang dimiliki oleh rakyat,

Kawasan kelapa sawit tersebar di 8 kecamatan dan 32 desa semakin berkembang sampai saat ini. Bahkan, keberadaan pabrik kelapa sawit yang sudah mempunyai kapasitas produksi CPO hingga 200 ton per hari.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev