Menyingkap Tabir Blok Bengkanai, Potensi Cadangan Migas di Barito Utara Kalteng

Banuaterkini.com - Minggu, 12 Mei 2024 | 15:19 WIB

Post View : 30

Ilustrasi peta wilayah Blok Migas Wilayah Kerja Bengkanai, Kabupaten Barito Utara, Kalteng. BANUATERKINI/Ruangenergi.com.

Tak banyak yang tahu, kalau ternyata di Kabupaten Barito Utara terdapat cadangan migas yang luar biasa besar di Kalimantan Tengah (Kalteng). Lokasi tepatnya berada di Desa Kerendan, Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara.

Banuaterkini.com, MUARA TEWEH - Informasi yang dihimpun media ini dari sumber di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara, setidaknya terdapat sekitar 200 titik yang dalam setiap titik dapat menghasilkan gas dengan masa eksploitasi lebih dari 50 tahun.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dalam berbagai kesemaptan bahkan mengharapkan mendapatkan kontribusi penambahan produksi gas dari wilayah paling utara Provinsi Kalimantan Tengah ini.

SKK Migas mengharapkan dari Lapangan Kerendan Wilayah Kerja Bangkanai yang dioperasikan oleh Medco Bangkanai di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mendapatkan kontribusi penambahan produksi gas dalam negeri.

Diketahui, SKK Migas bersama Medco Bangkanai bersama-sama telah melakukan review atas pre Plant of Developmetn (POD) dan Front Engineering End Design (FEED) fasilitas produksi yang diajukan kontraktor kontrak kerjasama migas tersebut.

Menurut Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiratno, menyebutkan pihaknya telah melakukan survei operasional untuk persiapan next development Lapangan Kerendan WK Bengkanai yang dioperasikan Medco Energi.

“Kami (SKK Migas) baru saja melakukan survey operational juga untuk persiapan next development Lapangan Kerendan WK Bangkanai yang dioperasikan oleh Medco Bangkanai (ex Ophir) di Muara Teweh Kab. Barito Utara Kalimantan Tengah,” kata Julius Wiratno, seperti dilansir dari laman ruangenergi.com, Kamis (26/05/2022) lalu.

Mengutip website Medco, dituliskan bahwa Lapangan Kerendan WK Bangkanai seluas 1385 kilometer persegi, di mana Medco Energi sebagai operator, karena memiliki participating interest (PI) 70% dan Saka Energi 30%.

Dalam catatan ruangenergi.com, Blok Bangkanai sendiri merupakan bagian dari proyek Greater Bangkanai yang mencakup dua proyek lainnya yakni Blok North East Bangkanai dan Blok West Bangkanai.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev