Antisipasi Karhutla, Pemkab Tanah Bumbu Gelar Apel Siaga Bencana

Banuaterkini.com - Rabu, 9 Agustus 2023 | 08:24 WIB

Post View : 6

Sekda Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka, saat menjadi pembina upacara Siaga Bencana Karhutla di Bumi Bersujud, Selasa (08/08/2023) sore. Foto: BANUATERKINI/MC Tanah Bumbu.

Laporan: Asriansyah l Editor: Ghazali Rahman

Untuk mengantisipasi maraknya terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Pemerintah Daerah setempat menggelar Apel Siaga Bencana pada Selasa (08/08/2023) sore.

Batulicin, Banuaterkini.com - Apel Siaga Bencana sekaligus gelar peralatan tersebut dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, Ambo Sakka, sebagai pembina upacara.

Kegiatan tersebut digelar sebagai salah satu tindakan responsif terhadap prakiraan cuaca oleh Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika Statistik (BMKG) Banjarbaru, yang menyebutkan Kabupaten Tanah Bumbu termasuk yang rawan terjadinya Karhutla.

Dikatakan Ambo Sakka, Tanah Bumbu sudah sangat siap siaga menghadapi puncak musim kemarau yang diperkirakan akan meningkatkan risiko Karhutla dan potensi bencana asap di wilayah Tanah Bumbu dan daerah lainnya di di Kalimantan Selatan.

“Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan ini terlaksana dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesiapsiagaan semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana, baik dalam hal personel maupun sarana dan prasarana, di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Ambo Sakka,  dikutip Banuaterkini.com, Rabu j(09/08/2023). 

Ia juga menekankan, langkah antisipasi yang sangat penting dalam penanganan bencana terutama Karhutla dan kabut asap adalah koordinasi dan kolaborasi antara semua pemangku kepentingan.

Ambo Sakka menekankan perlunya koordinasi yang solid antara Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan berbagai pihak, termasuk Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, POLRI, instansi pemerintah terkait, dunia usaha, dan masyarakat.

"Kolaborasi ini harapanya meningkatkan penanganan kebakaran hutan dan lahan serta siaga darurat menghadapi bencana." tegas dia.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev