BPK Serahkan LHP Kinerja Pemkab Tala, Sukamta: Kami SIap Tindak Lanjuti

Banuaterkini.com - Kamis, 19 Januari 2023 | 13:39 WIB

Post View : 59

Ketua DPRD Tanah Laut Muslimin, bersama Bupati Tanah Laut HM Sukamta saat menerima Laporan Hasil Pemeriksanaan BPK RI Perwakilan Kalsel, Rabu (18/01/2023). Prokopim Tala/M. Noor.
images (4)

Laporan: Muhammad Noor l Editor: Ari Cahyadi

Bupati Tanah laut (Tala) HM Sukamta menyatakan pihaknya siap menindaklanjuti rekomendasi yang terdapat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diserahkan Badan Pemeriksa keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Banjarbaru, Banuaterkini.com – Bupati Tala HM Sukamta menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Kalsel yang telah melakukan audit terhadap layanan air bersih serta penyediaan sarana dan prasarana sanitasi di Kabupaten Tala. 

”Sudah disampaikan kepada kami kekurangan dan beberapa rekomendasi, bagi kita untuk memperbaiki layanan air bersih kita, tentu semuanya akan kita tindaklanjuti dalam rangka kita memberikan akses air minum yang aman karena kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Bupati Sukamta saat menghadiri acara penyerahan LHP oleh BPK RI Perwakilan Kalsel kepada Pemkab Tala.

LHP tersebut merupakan penilaian terhadap kinerja atas upaya penyediaan akses air minum yang layak dan aman serta penyediaan sarana dan sarana sanitasi untuk mendukung kesehatan lingkungan tahun 2021 sampai dengan semester I tahun 2022, yang dilaksanakan di kantor BPK RI Perwakilan kalsel, Banjarbaru, Rabu (18/01/2023).

Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyatakan kesiapan menindak lanjuti rekomendasi LHP BPK RI Perwakilan Kalsel. FOto: Prokopim Tala/M. Noor.

Menurut Sukamta, bahwa masih banyak tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam rangka memberikan akses air bersih yang aman untuk masyarakat Tala.

Baca Juga :  Kapal Egon Tujuan Surabaya Tertunda Berlayar Gegara Air Laut Surut

Tantangan tersebut di antaranya berkaitan dengan masalah infrastruktur, seumber daya, sumber air baku, bentang wilayah, jarak yang jauh dan rumah penduduk yang terpencar,

”Tentunya ini menyangkut efisiensi dan anggaran yang cukup besar. Selain melayani warga melalui PDAM kita juga memberdayakan revitalisasi Pamsimas untuk memberikan pelayanan air minum yang bersih,” imbuhnya.

Ditegaskannya, melalui rekomendasi yang diberikan BPK Pemkab Tala justru dapat lebih cepat lagi membangun skenario untuk memberi layanan air minum sehat dan aman.

“Rekomendasi dari BPK akan kita bahas dengan tim untuk membangun grand strategy secara bertahap baik untuk memasukannya ke dalam PBD secara terstuktur, sehingga tepat waktu, tetap sasaran dan berkualitas,” pungkas Sukamta.

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?