RANS303 INDOSEVEN RANS303

Jadi Langganan Banjir, Warga Loktabat Selatan Kerja Bakti Bersihkan Sampah

Redaksi - Senin, 27 Februari 2023 | 06:08 WIB

Post View : 54

Warga Kelurahan Loktabat Selatan, Banjarbaru, melakukan kerja bakti membersihkan sampah yang menumpuk di bawah jembatan yang diduga sebagai salah satu penyebab banjir yang sering melanda kawasan tersebut saat hujan deras. Foto: Istimewa/Adi.

Laporan: Syauqi Azmi l Editor: Ghazali Rahman

Gegara sering dilanda Banjir warga yang tinggal tak jauh dari Mako Brimob Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), berinisiatif mengadakan kerja bakti membersihkan tumpukan sampah.

Banjarbaru, Banuaterkini.com - Selain membersihkan sampah yang menumpuk di bawah jembatan, warga juga membersihkan tumbuhan dan rumput yang memenuhi sungai di bawah jembatan yang terletak di Jalan A Yani km 32, Banjarbaru tersebut.

Sejumlah warga mengaku cukup prihatin dengan seringnya terjadi banjir di wilayah mereka. Terutama saat intensitas hujan cukup tinggi, akibatnuya debit air yang sangat besar tak bisa ditampung di sungai yang ada di wilayah itu.

Koodinat jembatan (3°26'50.6"S 114°48'18.0"E) yang dibawahnya sering terjadi penumpukan sampah, yang diduga sebagai penyebab banjir saat hujan deras melanda wilayah tersebut. Kredit foto: googlemap. 

"Itulah yang menyebabkan warga berinisiatif melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah yang menumpuk di bawah jembatan di sini, karena sering banjir," ujar Adi, salah seorang warga kepada Banuaterkini.com, Minggu (26/02/2023).

Menurut Adi, warga menduga tumpukan sampah di bawah jembatan sebagai salah satu penyebab meluapnya air sungai yang ada di kawasan tersebut. 

"Di samping memang disebabkan karena terjadinya pendangkalan aliran sungai," imbuhnya.

Adi yang juga salah satu aktivis lingkungan di Banjarbaru ini meminta para pemangku kebijakan, terutama Pemerintah Kota Banjarbaru untuk memberikan perhatian pada penyebab banjir yang rutin melanda kawasan tersebut saat hujan deras melanda.

Dikatakannya, meskipun itu poros jalan nasional yang, mestinya Pemko Banjarbaru juga tanggap dengan penyebab banjir, salah satunya karena pendangkalan aliran sungai dan penumpukan sampah.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev