Tim Gabungan Siaga Antisipasi Karhutla di Perbatasan Banjar-Banjarbaru

Banuaterkini.com - Minggu, 4 Juni 2023 | 15:42 WIB

Post View : 28

Tim gabungan bersiaga antisipasi karhutla di wilayah perbatasan Banjar-Banarjabaru, Sabtu (03/06/2023). Foto; BANUATERKINI/Info Publik Kabupaten Banjar.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Tim Gabungan dari berbagai unsur di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru saling bersinergi untuk menngantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di perbatasan kedua wilayah tersebut.

Martapura, Banuaterkini.com -  Dikethui, sejumlah kebakaran kembali terjadi di perbatasan Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, seperti yang terjadi di Desa Penggalaman dan Landasan Ulin Utara, Sabtu (03/06/2023) sore.

Adapun personel gabungan berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar, BPBD Kalimantan Selatan (Kalsel), BPBD Kota Banjarbaru, TNI, POLRI, MANGGALA AGNI dan BPK swasta.

Pusdalops BPBD Banjar, yang pertama kali mendapatkan informasi adanya titik api di wilayah tersebut langsung berkoordinasi dengan BPBD Kalsel.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita, ia membenarkan laporan titik apa lewat Pusdalops tersebut.

"Ya, tim sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD Provinsi terkait adanya karhutla di wilayah perbatasan Kabupaten Banjar dan Banjarbaru," terang Warsita, dikutip Banuaterkini.com, Minggu (04/06/2023).

Dijelaskan Warsito, setibanya di lokasi anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) bergerak mencari lokasi karhutla bersama dengan BPK swasta dan langsung memadamkan titik api.

Hanya saja, sebut Warsita, mengutip TRC ada kendala yang dihadapi di lapangan, yaitu minimnya sumber air dan vegetasi semak belukar yang mudah terbakar.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev