DPRD Kaltim Dorong Pengembangan Destinasi Wisata Sungai Mahakam

Banuaterkini.com - Minggu, 12 Februari 2023 | 22:08 WIB

Post View : 12

Anggota DPRD Provinsi Kaltim Ananda Emira Moeis Foto: Antara/Fandi.
images (4)

Laporan: Masri l Editor: Ghazali Rahman

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong semua pihak tak terkecuali Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk memaksimalkan potensi destinasi wisata yang ada di Sungai Mahakam. 

Samarinda, Banuaterkini.com – Menurut Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis, dirinya mendorong  supaya potensi pariwisata Sungai Mahakam bisa dikembangkan.

Salah satunya dengan  car memaksimalkan kapal-kapal wisata dan tentunya mendukung langkah Pemerintah Kota (Pemkot) merevitalisasi Tepian Mahakam menjadi Teras Makaham.

“Kita punya potensi yang luar biasa dari keberadaan Sungai Mahakam, jadi pemanfaatan sungai ini bukan hanya untuk transportasi kapal tongkang batu bara yang saat ini lebih mendominasi, namun juga perlu adanya pengoptimalan wisata susur sungai dengan menggunakan kapal- kapal wisata,” ujar Ananda Emira Moeis di Samarinda, Minggu (12/02/2023).

Menurut Ananda, keberadaan kapal wisata yang saat ini beroperasi juga masih belum terlalu optimal, kalau bisa diperbanyak, jadi pengunjung di wilayah tepian bisa lebih diakomodir untuk sekadar menyusuri Sungai Mahakam.

Rencana Pemkot Samarinda soal pembangunan Teras Mahakam itu perlu didukung, karena jika tidak diupayakan dari sekarang kapan lagi. Sebab Samarinda dengan wisata tepian yang sudah melegenda tinggal bagaimana mempercantik wajah tepian itu sendiri.

“Saya kira langkah Wali Kota Samarinda sudah bagus, namun juga perlu mengakomodir para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi bagian  urat nadi perekonomian masyarakat, sehingga perlu dibuat wadah khusus bahkan bisa dicarikan solusi jika pedagang tersebut non aktif karena pembangunan,” ucap Nanda, dikutip Banuaterkini.com, Minggu (12/02/2023).

Baca Juga :  Pemkab PPU Siap Cadangkan 9.143 Hektar Lahan Industri

Ia menjelaskan, memang perlu dibuatkan pemetaan atas objek wisata susur sungai itu sendiri, jadi bisa ditentukan zona penumpang untuk kapal wisata, kemudian zona sentra UMKM, sampai dibuatkan susur ke daerah hulu, jadi mesti diperhatikan dari sekarang.

Kemudian, untuk Teras Mahakam sendiri tentu akan membawa panorama indah bagi wajah Kota Samarinda untuk menghilangkan stigma kota kumuh jadi ini tentu berdampak pada peningkatan pengunjung, apa lagi kalau sudah berbicara masa depan Samarinda sebagai penyangga utama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kaltim, kalau orang ke Samarinda pasti ke Sungai Mahakam, teras Mahakam ini sebagai komunal park, akan banyak komunitas, UMKM, dan sentra produk lokal, dan justru hal ini akan meningkatkan perekonomian lokal. Jadi akan menjadi ikon menjual Kota Samarinda saat serbuan pendatang dengan dampak IKN itu sendiri,” pungkas Nanda. 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev

You cannot copy content of this page

Apa yang bisa kami bantu?