Presiden Jokowi Terima Kunjungan Ketua Parlemen 3 Negara ASEAN

Banuaterkini.com - Selasa, 8 Agustus 2023 | 12:25 WIB

Post View : 20

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan ketua parlemen tiga negara ASEAN secara serentak di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (07/08/2023). Foto: BPMI Setpres/Lukas

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan ketua parlemen tiga negara ASEAN secara serentak di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (07/08/2023) kemarin. Mereka adalah Ketua Parlemen Thailand, Malaysia, dan Laos.

Jakarta, Banuaterkini.com - Menurut Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pertemuan para pemimpian negara-negara di ASEAN tersebut untuk menekankan kembali arti penting dari kredibilitas dan kesatuan ASEAN.

“Yang dibahas sebagian besar adalah mengenai masalah ASEAN. Pertama tentunya menekankan kembali arti penting dari kredibilitas dan kesatuan ASEAN,” kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan para ketua parlemen sepakat mengenai pentingnya sentralitas ASEAN, terutama dalam menangani isu-isu di kawasan.

“Selama 56 tahun, ASEAN telah berhasil membuktikan sebagai kontributor perdamaian dan stabilitas kawasan,” imbuh Retno.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya ASEAN untuk terus mendorong implementasi Lima Poin Kesepakatan atau Five Point of Consensus terkait isu Myanmar.

“Bapak Presiden di dalam pertemuan dengan tiga speakers dari Thailand, Malaysia, Laos menyampaikan pentingnya ASEAN terus mendorong Myanmar, terutama dari pihak junta militer, untuk mengimplementasikan Five Point of Consensus,” pungkas Retno.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev