RANS303 INDOSEVEN RANS303

Sandiaga Uno Harapkan Flores Jadi Pusat Destinasi Wisata Religi Umat Katolik

Redaksi - Minggu, 19 Mei 2024 | 17:06 WIB

Post View : 2

Tangkapan layar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam webinar bertajuk Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Religi Katolik di Pulau Flores yang diselenggarakan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF). BANUATERKINI/ ANTARA/Gecio Viana.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan agar Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi pusat destinasi wisata religi untuk umat Katolik. 

Banuaterkini.com, JAKARTA - Sandiaga S Suno menyampaikan hal itu saat berbicara dalam Webinar dengan tema "Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Religi Katolik di Pulau Flores".

"Sekaligus mempromosikan Pulau Flores sebagai tulang punggung dari destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo," kata Sandiaga S Uni yang dipantau di Mbay, Ibu Kota Kabupaten Nagekeo, Jumat (17/05/2024). 

Dikutip dari Antaranews.com, Menparekraf menjelaskan selama ini ia terus berinteraksi dengan para romo dan pastor atau biarawan Katolik dan mengaku bahagia bisa menghadirkan kolaborasi untuk mengembangkan Pulau Flores dan mengembangkan destinasi wisata religius. 

"Harapan saya sama seperti kita mengembangkan DSP (destinasi super prioritas) Borobudur untuk umat Buddha, di Jawa Timur ada destinasi ziarah Makam Wali Songo untuk umat Islam," katanya lagi. 

Ia juga menjelaskan Pulau Flores dikenal dengan sejarah dan warisan dari perkembangan penyebaran agama Katolik. 

Pulau Flores juga sering disebut sebagai pulau misionaris dengan salah satu daya tarik wisata religinya melalui inkulturasi antara gereja Katolik dan budaya lokal masyarakat setempat. 

Melalui dua pejabat eselon satu asal Flores di Kemenparekraf yakni Frans Teguh dan Vinsensius Jemadu, kata dia lagi, Kemenparekraf diingatkan tentang bagaimana inkulturasi ini terlihat dalam berbagai aspek di Flores mulai dari arsitektur gereja, seni musik hingga ritual keagamaan yang mengintegrasikan elemen budaya lokal. 

"Semua ini menjadikan Flores sebagai destinasi wisata religi yang kaya akan nilai sejarah dan spiritual," ujarnya pula. 

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev