Saifullah Tamliha: Subsidi BBM di Kalsel Tidak Tepat Sasaran

Banuaterkini.com - Kamis, 9 Februari 2023 | 06:04 WIB

Post View : 59

Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Kalsel 1, Saifullah Tamliha. Foto: BANUATERKINI/PUblicanews.

Laporan: Indra SN l Editor: Ghazali Rahman

Anggota DPR RI Asal Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) I Syaifullah Tamliha menilai bantuan langsung Subsidi BBM tidak tepat sasaran.

Jakarta, Banuaterkini.com - Penilaian tersebut bedasarkan temuannya di Kalsel saat peninjauan lapangan, ia mengaku mendapati penerima bantuan subsidi BBM adalah orang yang sebenarnya tidak berhak bahka ada yang masih tergolong usia produktif.

"Hasil peninjauan lapangan di Dapil, saya menemukan penerima bantuan subsidi BBM diterima mereka yang tidak berhak dan bahkan masih tergolong usia produktif. Usia produktif koq bisa dapat bantuan?" kata Saifullah Tamliha saat Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Sosial RI, di Komplek Parlemen Jakarta, Rabu (08/02/2023).

Menurut Tamliha, hal ini terjadi karena kemungkinan kesalahan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang perlu di perbaiki. Diduga data di DTKS hanya diisi oleh orang tertentu dan kemungkinan besar dari kerabat dan keluarga.

"DTKS terkadang hanya keluarga aparat saja,tidak mencerminkan orang miskin sesungguhnya," kata Tamliha.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan tersebut menilai penerima bantuan langsung BBM bukan orang yang terdampak langsung dari kebijakan perubahan harga BBM.

"Tepat sasaran itu mereka yang berdampak dari BBM, misalkan tukang ojek, supir itu mereka yang betul betul terdampak," ujarnya.

Penuturan dihadapan Menteri Sosial tersebut dibeberkan Tamliha bukan tanpa dasar, karena saat dicek langsung di lapangan terutama Kalsel ia menemukan itu.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?