RANS303 INDOSEVEN RANS303

Jusuf Kalla: Menteri Pendidikan Harus Punya Latar Belakang Dunia Pendidikan

Redaksi - Senin, 9 September 2024 | 04:57 WIB

Post View : 14

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK). (BANUATERKINI/CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) kembali melontarkan kritik tajam terhadap kinerja Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Banuaterkini.com, JAKARTA - JK menyoroti minimnya pengalaman Nadiem di bidang pendidikan dan ketidakhadirannya dalam mengecek permasalahan pendidikan di daerah.

Dalam sebuah acara yang digelar Minggu (08/09/2024), JK mengungkapkan kekhawatirannya terkait kepemimpinan di Kementerian Pendidikan.

Menurutnya, seorang menteri harus memiliki latar belakang yang kuat di bidang pendidikan, seperti halnya menteri-menteri sebelumnya, termasuk tokoh-tokoh besar seperti Ki Hajar Dewantara dan Anies Baswedan.

"Selama ini, menteri pendidikan kita adalah orang-orang hebat yang memiliki latar belakang kuat di dunia pendidikan. Tapi kemudian datang Mas Nadiem yang tidak memiliki pengalaman sebagai guru, tidak paham pendidikan, dan jarang ke kantor," ujar JK dengan nada kritis.

Dikutip dari CNBC Indonesia JK juga menyoroti peran seorang menteri sebagai "CEO" yang seharusnya memimpin kementerian dengan efektif.

Dalam pengalamannya, ketika hendak bertemu dengan Nadiem, alih-alih di kantor, Nadiem justru meminta pertemuan dilakukan di apartemen. Hal ini, menurut JK, menunjukkan kurangnya keterlibatan Nadiem dalam operasional kementerian.

Sebagai mantan pengusaha dan pendiri Gojek, Nadiem Makarim dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Mendikbudristek pada 23 Oktober 2019.

Meski demikian, JK menilai pengalaman di bidang teknologi dan bisnis tidak cukup untuk memimpin sektor pendidikan yang kompleks dan membutuhkan perhatian langsung di lapangan.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev