RANS303 INDOSEVEN RANS303

Polda Kalsel Himbau Jamaah Haul Guru Sekumpul Tetap Waspada

Redaksi - Minggu, 14 Januari 2024 | 06:33 WIB

Post View : 17

Kapolda Kalsel Irjen Pol WInarto melalui Kabid Humas Kombes Pol Adam Erwindi, menghimbau agar masyarakat tetap waspada selama kegiatan Haul Guru Sekumpul. Foto: BANUATERKINI/Humas Polda Kalsel/Sayri.

Laporan: Ahmad Kusairi

Polda Kalsel menghimbau agar seluruh masyarakat yang hendak menuju kawasan Sekumpul Martapura untuk tetap waspada selama dalam perjalanan saat berangkat maupun pulang mengikuti kegiatan Haul Guru Sekumpul ke-19.

Banjarmasin, Banuaterkini.com -  Meski Polda Kalsel telah menyiapkan lebih dari 1000 personel untuk melakukan pengamanan di sejumlah titik saat persiapan, pelaksanaan dan pasca Haul Guru Sekumpul, tetapi seluruh jamaah tetap diminta untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama kegiatan haul berlangsung.

Himbauan tersebut disampaikan Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto melalui Kabid Humas, Kombes Pol Adam Erwindi, Sabtu (13/01/2024).

Adam Erwindi menekankan, meski jajaran Polda Kalsel bersama lembaga dan aparat terkait sudah sangat siap melakukan pengamanan sepanjang kegiatan Haul Guru Sekumpul berlangsung, akan tetapi ia tetap mendorong agar masyarakat turut terlibat menjaga keamanan dan ketertiban.

"Diharapkan para peserta, baik masyarakat umum maupun jamaah Haul Guru Sekumpul, dapat memahami dan mematuhi panduan keamanan yang diberikan demi kebaikan bersama," ujar Kombes Pol Adam dalam keterangannya, Sabtu.

Ia meminta agar setiap orang tetap memperhatikan barang-barang bawaannya dan menghindari membawa atau menggunakan barang secadra berlebihan.

"Disarankan agar individu berhati-hati terhadap barang bawaan, menghindari barang mencolok atau berlebihan yang dapat menarik perhatian tindakan kriminal," himbaunya.

Untuk jamaah yang berasal dari luar daerah, Adam juga mengingatkan untuk berhati-hati di jalan dan tetap mengutamakan keselamatan.

“Datang dengan selamat, pulang juga harus dengan selamat dan sehat,” ujarnya.

Kepada para pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat, Adam juga menyarankan untuk memeriksa dengan teliti kelengkapan dan kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan. Termasuk pemeriksaan mesin, radiator, penyediaan bahan bakar cadangan, tekanan ban, dan ban serep.

Ia juga berpesan agar pengendara memastikan pencahayaan yang memadai, membawa peralatan pendukung kendaraan seperti dongkrak, kunci roda, segitiga pengaman, alat pemadam api, dan senter sangat penting. Jemaah juga diingatkan untuk membawa perlengkapan P3K.

Sementara itu, bagi jamaah yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, Adam juga mengingatkan agar mengecek lagi potensi terjadinya bahaya kebakaran dan pencurian.

"Pastikan keamanan listrik, memeriksa peralatan dapur agar tidak menimbulkan risiko kebakaran, dan menempatkan barang-barang yang mudah terbakar di tempat yang aman," imbuhnya.

Untuk menimbulkan rasa aman dan nyaman sepanjang kegiatan haul berlangsung, Polda Kalsel ujar Adam berkomitmen melakukan patroli.

“Tidak hanya memberikan himbauan, kami akan melakukan patroli sebagai upaya memberikan rasa aman saat jamaah yang menghadiri Haul Guru Sekumpul,” pungkasnya. 

Editor: Ghazali Rahman

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev