RANS303 INDOSEVEN RANS303

Arkeolog Kamboja Sukses Restorasi Tangga dan Pagar Angkor Wat

Syahjehan Rahmah - Senin, 26 Agustus 2024 | 20:47 WIB

Post View : 6

File foto tak bertanggal ini menunjukkan tangga dan langkan Naga di Angkor Wat di provinsi Siem Reap, Kamboja. (BANUATERKINI/ANTARA/Xinhua/ANA)

Arkeolog dari Otoritas Nasional APSARA (ANA) Kamboja telah merampungkan restorasi tangga tengah dan pagar langkan Naga di sisi selatan lantai dasar Angkor Wat. Proyek ini bertujuan memperkuat fondasi dan memperbaiki kerusakan, demi menjaga keamanan dan pelestarian situs warisan dunia UNESCO di Siem Reap.

Banuaterkini.com, PHNOM PENH - Para arkeolog Otoritas Nasional APSARA (ANA) Kamboja berhasil merampungkan restorasi tangga tengah dan pagar langkan Naga di sisi selatan lantai dasar Angkor Wat yang terkenal, menurut sebuah siaran pers ANA pada Minggu (25/8).  

Angkor Wat merupakan kuil utama di taman arkeologi Angkor yang termasuk dalam daftar UNESCO di Provinsi Siem Reap, Kamboja barat laut. Kuil ini adalah salah satu warisan budaya dunia yang paling dikenal dan menjadi destinasi wisata utama.  

Soy Sophearin, Kepala Situs Restorasi Angkor Wat, mengatakan pekerjaan restorasi telah dimulai pada 15 Mei tahun ini dan berakhir pada 15 Agustus, dengan memperkuat fondasi struktur, memperbaiki tangga, dan mengembalikan pagar langkan Naga ke posisi semula.  

"Sebelum perbaikan, pagar langkan Naga itu sudah runtuh dan berada dalam kondisi rusak, sehingga tidak stabil," ucap Soy Sophearin, dilansir dari Antara Senin (26/08/2024).  

Ditambahkannya, pagar langkan Naga yang telah direstorasi sekarang cukup kokoh untuk menopang para pengunjung dengan aman, mengurangi kekhawatiran akan potensi keruntuhan.

Sophearin manyampaikan bahwa tim restorasi menggunakan teknik yang tepat untuk memastikan struktur tersebut bertahan lama. Hal ini penting untuk menjaga kelestarian situs yang sangat berharga ini.  

Selain proyek ini, dia juga mengatakan bahwa ANA secara aktif menilai area lainnya untuk restorasi di masa depan guna meningkatkan pelestarian Taman Arkeologi Angkor. Proyek restorasi ini menunjukkan komitmen ANA dalam menjaga warisan budaya Kamboja.  

Taman arkeologi Angkor seluas 401 kilometer persegi merupakan lokasi 91 kuil kuno, yang dibangun dari abad ke-9 hingga ke-13. Taman ini tidak hanya penting dari segi sejarah, tetapi juga menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.  

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev