Dinsos Tanah Laut Beri Bantuan Penyandang Disabilitas

Banuaterkini.com - Senin, 9 Januari 2023 | 16:08 WIB

Post View : 223

Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut saat menyerahkan bantuan kursi roda kepada salah satu penyandang disabilitas. Foto: M Noor/Ari Cahyadi.

Laporan: Muhammad Noor l Editor: Ari Cahyadi

Untuk memperingati Hari Disabiltias Internasional, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Laut (Tala) memberikan bantuan kepada sejumlah penyandang disabilitas di Bumi Tuntung Pandang tersebut.

Pelaihari, Banuaterkini.com - Bantuan yang diberikan merupakan bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel bersama Bank Kalsel berdasarkan usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala Tahun 2022.

Bantuan Gubernur Kalsel dan Bank Kalsel tersebut langsung Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut kepada para penyandang disabilitas di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Dinsos Tala Eko Trianto melalui Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Perlindungan Sosial, Ami Hasan menerangkan, bantuan yang disalurkan adalah 2 buah kursi roda untuk penyandang disabilitas di Kecamatan Pelaihari dan 1 buah untuk disabiltias di Kecamatan takisung.

Selain itu, disalurkan juga 2 buah kruk kaki 2 buah untuk Dess Sungai Riam Pelaihari, 10 buah tongkat tunanetra di Kecamatan Takisung, Bajuin, Pelaihari, Jorong, dan Kintap. 

“Bukan hanya ini bantuan yang kita usulkan namun tahun 2023. Kita juga usulkan bantuan kaki palsu untuk penyandang disabilitas yang tidak punya kaki lagi ke Pemprov Kalsel maupun ke Kementerian Sosial termasuk kepada Kedubes Austrlia. Usulan kita tahun ini ada 25 kaki palsu,” terang Ami Hasan di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut kepada Banuaterkin.com, Senin (09/01/2023). 

Ami Hasan juga menjelaskan, bahwa di Kabupaten Tala ada 700an jiwa penyandang disabiltias dan sebagian besar sudah tersentuh bantuan baik, bantuan langsung tunai, maupun bantuan pendukung buat penyandang disabilitas atau bantuan sembako dari dinas sosial

“Untuk 2023 dianggarkan 600 penyandang disabiltias senilai Rp 2,4 juta per orang untuk biaya hidupnya dalam satu tahun. Atau perkiraan per bulannya sebesar Rp200 ribu, ” ungkapnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev