BPKPAD Banjar dan Bank Kalsel Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi CMSP

Banuaterkini.com - Kamis, 3 Agustus 2023 | 16:02 WIB

Post View : 26

BPKPAD Banjar dan Bank Kalsel cabang Martapura menggelar Bimtek penggunaan aplikasi CMSP. Foto: BANUATERKINI/Media Center Banjar.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Banjar bersama Bank Kalsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi Cash Management System Pemerintah Daerah (CMSP).

Martapura, Banuaterkini.com - Bimtek penggunaan aplikasi CMSP di lingkup SKPD Kabupaten Banjar dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, di hotel Treepark, Kecamatan Kertak Hanyar, Kamis (03/08/2023) pagi.

Menurut Ikhwansyah, melalui aplikasi CMSP diharapkan setiap bendahara keuangan dapat melakukan transaksi perbankan secara online 24 jam dengan mudah dan efisien.

Ia berharap, melalui Bimtek ini dapat memaksimalkan kinerja SKPD dan Para Camat dengan pengelolaan sistem keuangan online.

Sementara itu, Kepala BPKPAD Banjar, Achmad Zulyadaini, menerangkan penerapan CMSP tersebut akan mempercepat penyaluran dana dalam tata kelola keuangan daerah dan jaminan keamanan.

Sebab, kata dia, aplikasi CMSP terintegrasi dengan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online juga.

"Penggunaan aplikasi CMSP ini memudahkan Bendahara sehingga  tidak perlu lagi ke Kantor BPKPAD tetapi cukup melalui aplikasi menyampaikan kepada Bendara Umum Daerah (BUD) untuk dibuatkan SP2D yang langsung masuk ke Bank Kalsel atau Kas Daerah dan juga tidak perlu lagi menyampaikan berkas ke Bank Kalsel karena sudah melalui online," papar dia, dikutip Banuaterkini.com, Kamis 903/08/2023).

Zulyadaini mengungkapkan, dengan penerapan aplikasi ini juga meningkatkan skor digitalisasi daerah, karena setiap daerah diminta untuk menerapkan sistem digital baik pendapatan maupun belanja daerah.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev