Dongkrak Kinerja Positif Kepelabuhanan, Pelindo Regional 4 Gunakan Empat Aplikasi Digital

Banuaterkini.com - Minggu, 11 Februari 2024 | 23:38 WIB

Post View : 7

Ilustrasi pelabuhan kelolaan Pelindo Regional 4 yang sudah menggunakan transformasi digital untuk mendorong pertumbuhan kinerja. Foto: BANUATERKINI/Antara/HO-Pelindo 4

Untuk mendongkrak kinerja positif dalam pelayanan kapal dan jasa kepelabuhanan, PT Pelindo Regional 4 mulai menerapkan empat aplikasi pendukung transportasi digital untuk memenuhi tuntutan agar BUMN kepelabuhanan.

Makassar, Banuaterkini.com - Keempat aplikasi transformasi digital tersebut adalah aplikasi PHINNISI, TONUS, PITOS-M dan PITOS-R.

"Aplikasi digital PHINNISI, TONUS, PITOS-M, dan PITOS-R adalah empat aplikasi yang digunakan Pelindo khususnya di Regional 4 guna mendongkrak pertumbuhan kinerja," kata Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis di Makassar, Sulsel, Minggu (11/02/2024).

Dikutip dari Antaranews, Enriany mengatakan bahwa PHINNISI adalah aplikasi kegiatan pelayanan kapal mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian, billing, reporting, integrasi ke Inaportnet.

Aplikasi besutan Pelindo ini sudah terpasang di Regional 4 Makassar, Regional 4 Samarinda, Regional 4 Kendari, Regional 4 Pantoloan, Regional 4 Bitung, Regional 4 Ambon, Regional 4 Merauke dan Regional 4 Sorong.

Sementara aplikasi TONUS, kata Enriany merupakan aplikasi kegiatan terminal peti kemas, mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian dan pelaporan.

Aplikasi ini telah terpasang di Terminal Petikemas Makassar (TPM), yang kini disebut dengan TPK New Makassar Terminal 1 dan Terminal Petikemas Ambon.

Sedangkan PTOS-M, lanjut dia, adalah aplikasi kegiatan pelayanan barang dan peti kemas konvensional, mulai permohonan, perencanaan, pengoperasian dan pelaporan.

Aplikasi ini telah terpasang di Regional 4 Makassar, Regional 4 Bitung, Regional 4 Balikpapan, Regional 4 Tarakan, Regional 4 Pantoloan, Regional 4 Sorong, Regional 4 Jayapura, serta di Regional 4 Gorontalo.

Adapun PTOS-R adalah implementasi sistem pada layanan kapal Roro dan penumpang yang saat ini telah terpasang di Pelabuhan Makassar, Balikpapan dan Pelabuhan Sorong, dan selanjutnya akan menyusul Pelabuhan Ambon, Nunukan dan Pelabuhan Samarinda.

Kini, lanjut Regional Head 4 Pelindo, semua kegiatan di pelabuhan kelolaan di Regional 4 dapat terpantau setiap saat selama 24/7 atau 24 jam 7 hari dari dalam sebuah ruang kontrol yang terletak di lantai 3 kantor Makassar New Port (MNP) yang kini sebutannya menjadi TPK New Makassar Terminal 2.

“Dari ruang kontrol tersebut, semua aktivitas pelabuhan di Regional 4 dapat dipantau melalui empat aplikasi itu. Jadi semuanya sekarang sudah serba digital," katanya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?