Pemerintah Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Redaksi - Minggu, 26 Februari 2023 | 06:23 WIB

Post View : 20

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/02/2023). Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan bahwa Pemerintah akan menjamin ketersediaan pangan di seluruh Tanah Air, terutama menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Jakarta, Banuaterkini.com - Menurut Mentan Syahrul Yasin Limpo, Presiden Jokowi mengingatkan agar Kementan dan jajarannya untuk memberikan perhatian yang serius terhadap ketersediaan bahan pangan di seluruh Tanah Air, khususnya menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1444 H.

“Bapak Presiden betul-betul meminta semua menteri memberikan perhatian yang serius sehingga tidak ada hambatan dalam ketersediaan-ketersediaan sampai di daerah,” ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangannya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/02/2023).

Dalam keterangan pers yang diterima Banuaterkini.com, Sabut (25/02/2023), Mentan mengatakan bahwa dalam rapat terbatas bersama sejumlah Menteri Kabinet, Presiden secara detail memeriksa ketersediaan 12 komoditas pangan yang menjadi perhatian pemerintah.

“Mulai dari beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur, gula untuk khususnya dalam rangka ketersediaan bulan Ramadan dan Idulfitri yang akan datang,” ungkap Mentan.

Mentan juga menyebut bahwa Presiden meminta semua jajarannya untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam memeriksa ketersediaan bahan pangan, baik di lapangan maupun buffer stock.

Menurut Mentan, saat ini ketersediaan bahan pangan dalam neraca yang ada masih cukup tersedia hingga Maret mendatang.

“Ini berarti bahwa logistik-logistik untuk distribusi harus kita benahi, perbaiki, dan kerja sama dengan pemerintah daerah, para gubernur, para bupati akan berjalan,” ucap Mentan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev