Sandiaga Harapkan Kerjasama Indonesia-Malaysia Perkuat Sektor Pariwisata

Banuaterkini.com - Rabu, 22 Maret 2023 | 17:41 WIB

Post View : 7

Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (17/03/2023). Foto: Antaranews/HO-Humas Kemenparekraf.

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap kerjasama antara asosiasi pariwisata Indonesia dan Malaysia akan mampu memperkuat sektor pariwisata kedua negara.

Jakarta, Banuaterkini.com - Sandiaga juga mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia Tours & Travel Association (ASTINDO) dengan Malaysia Association of Tour and Travel Agent (MATTA) yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Kolaborasi ini juga diharapkan mampu meningkatkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya kuliner. Sebab wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia mayoritas untuk berwisata kuliner,” kata Sandiaga dalam keterangan resminya seperti dikutip dari Antaranews.com, Senin (20/03/2023).

Sandiaga mengatakan, melalui kerjasama tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia, sehingga target 7,4 kunjungan wisman tahun 2023 bisa dicapai.

Adapun, agenda kolaborasi antara asosiasi di Indonesia dengan Malaysia akan dimanfaatkan untuk mendukung program gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan juga Spice Up The World.

Salah satu solusi untuk mengakselerasi sektor pariwisata adalah memperkuat kolaborasi bersama unsur pentahelix karena selain dari inovasi dan adaptasi, kolaborasi semua pihak penting untuk dilakukan.

"Momen ini adalah bentuk dari upaya memperkuat kolaborasi, sehingga kita bisa mencapai target-target yang lebih baik, untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih luas,” ujarnya, dikutip Banuaterkini.com, Rabu (22/03/2023).

Malaysia menjadi salah satu negara penyumbang wisatawan terbanyak ke Indonesia. Kendati demikian, eksistensi di pasar Malaysia tetap perlu dijaga dan ditingkatkan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?