Arief Prasetyo Adi Ganti Mentan Syahrul Yasin Limpo yang Jadi Tersangka KPK

Banuaterkini.com - Sabtu, 7 Oktober 2023 | 04:52 WIB

Post View : 21

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan di hadapan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (06/10/2023). Foto: BPMI Setpres

Laporan: Ariel Subarkah

Presiden Jokowi mengangkat Arief Prasetyo Adi sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Pertanian. Ia menggantikan  Syahrul Yasin Limpo yang dijadikan tersangka kasus dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jakarta, Banuaterkini.com - Kepala Negara mengangkat pelaksana tugas (Plt) Mentan setelah Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengundurkan diri secara resmi lantaran sedang dililit kasus korupsi di Kementan.

Surat pengunduran diri SYL tersebut telah diberikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Presiden Jokowi Kamis (05/10/2023) malam dan langsung ditindaklanjuti.

“Iya tadi malam sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri dari Pak Menteri Pertanian. Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti, sudah saya tanda tangani juga,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya di hadapan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (06/10/2023).

Arief sendiri saat masih menjabat sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas).

“Penggantinya masih plt. Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan (Nasional),” imbuhnya.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pengangkatan Kepala Bapanas sebagai pelaksana tugas menteri pertanian adalah agar lebih memudahkan dalam koordinasi.

“Karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan (Nasional), mentan, menteri perdagangan ini selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja supaya lebih memudahkan,” ungkapnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev