2.168 Titik Api di Kalsel, Selain Banjarbaru ada 6 Wilayah Paling Terdampak Karhutla

Banuaterkini.com - Minggu, 25 Juni 2023 | 20:05 WIB

Post View : 65

Personel BPBD Kalsel sedang memadamkan titik api karhutla yang melanda puluhan hektare lahan di Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Sabtu (24/06/2023). Foto: ANTARA/Tumpal Andani Aritonang.

Editor: Ghazali Rahman

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (BPBD Kalsel) menyebutkan ada sebanyak 2.168 titik api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Banjarbaru, Banuaterkini.com - Menurut Manager Pusdalops-PB BPBD Kalsel, Ricky Ferdyanto, titik api terpantau menyebar di 13 kabupaten dan kota se Kalsel.

“Ada sebanyak 2.168 titik api yang menyebar di 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan,” kata Manager Pusdalops-PB BPBD Kalsel Ricky Ferdyanto saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Minggu (25/06/2o23).

Disebutkan Ricky, selain Kota Banjarbaru masih ada enam daerah lainnya turut terdampak karhutla di Kalsel.

Wilayah kabupaten tersebut, lanjut Ricky, adalah Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Ricky mengungkapkan ribuan titik api tersebut menyebabkan karhutla telah melahap hingga 163,15 hektare di Kalsel.

Ia menuturkan, data tersebut berdasarkan laporan tim Pusdalops-PB BPBD Kalsel per Sabtu kemarin.

Pada Sabtu, Ricky juga mengatakan karhutla melanda puluhan hektare lahan di Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Banjar.

Menurut Ricky, luas lahan yang terdata kemarin masih sekitar 17 hektare.

“Satu titik kebakaran kemarin masih dilakukan tahap penghitungan luas, namun diperkirakan melebihi 20 hektare,” ucap dia.

Karhutla pada Sabtu kemarin diperkirakan menjadi kejadian kebakaran terluas sepanjang tahun 2023.

Ricky mengatakan wilayah terluas karhutla, yaitu Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut.

Ia menyebutkan karhutla pada dua lokasi tersebut mencapai 150 hektare dan belum termasuk data yang masih dihimpun pada kejadian kebakaran di Kota Banjarbaru pada Sabtu kemarin.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah menuturkan ratusan pasukan gabungan dan peralatan telah dikerahkan untuk memadamkan titik api di wilayah terdampak.

“Tim lapangan melakukan observasi dan pendataan di lokasi kejadian serta menjamin karhutla tidak menyebar ke permukiman,” ungkap Suria.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghanguskan puluhan hektare lahan di Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (24/6/2023). Foto: ANTARA/Tumpal Andani Aritonang.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalsel, wilayah Kota Banjarbaru terpantau mengalami cuaca cerah dengan terik matahari yang menyebabkan karhutla cukup rawan terjadi.

Tidak hanya di Kota Banjarbaru, cuaca terik juga melanda Kabupaten Tanah laut dan sejumlah wilayah lainnya di Kalsel.

Dia menyatakan seluruh tim BPBD Kalsel bersama dengan pemerintah serta instansi terkait bekerja ekstra untuk saling membahu dalam penanganan karhutla di Kalimantan Selatan (Antara).

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?