Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kotabaru Lakukan Normalisasi Sungai

Banuaterkini.com - Jumat, 24 Februari 2023 | 17:44 WIB

Post View : 62

Dinas PUPR Kotabaru melakukan pengerukan sungai di beberapa wilayah di Bumi Saijaan itu untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda saat musim hujan tiba. Foto: DKISP Kotabaru/Aidil.

Laporan: Aidil Saprudin l Editor: Ghazali Rahman

Untuk mengantisipasi banjir di sejumlah wilayah di Kotabaru, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru melakukan pengerukan sejumlah sungai sebagai upaya menormalisasi fungsi sungai untuk mengurangi dampak banjir.

Kotabaru, Banuaterkini.com - Kepala Dinas PUPR Kotabaru, Astuti Tri Suprapti menyebutkan, bahwa pengerukan sungai tersebut untuk menormalisasi daerah aliran sungai, agar dapat berfungsi dengan baik di musim penghujan.

"Pengerukan ini bertujuan untuk menormalisasi daerah aliran sungai agar berfungsi dengan baik apalagi di musim hujan," kata Kepala Dinas PUPR Kotabaru Suprapti Tri Astuti, dikutip dari Banuaterkini.com, Jumat (24/02/2023)..

Menurut Suprapti, pengerukan dilakukan di beberapa tempat di wilayah aliran sungai yang menjadi penyebab banjir,  khususnya apabila terjadi debit air naik saat terjadi hujan deras.

Ditambahkannya, seperti yang terjadi di Sungai Baharu sampai dengan samping pondok musik, Sungai Dirgahayu dan Sungai Mandin.

"Pengerukan dilakukan di titik titik yang terjadi  pendangkalan. Dan panjang sungai yang terjadi pendangkalan sekitar 695 meter," katanya dikutip Banuaterkini.com.

Pendangkalan terjadi bisa disebabkan material yang terbawa oleh air dari hulu. juga diakibatkan oleh pola hidup masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai dan bantaran sungai.

Masih maraknya bangunan yang tidak memiliki ijin di aliran sungai juga membuat sungai mengalami penyempitan, dan apabila intensitas curah hujan tinggi maka  aliran sungai cepat meluap.

“Bangunan yang berada di areal sungai mengakibatkan banjir,” pungkasnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?