Beri Pemahaman Soal Pemilu, Bakesbangpol Banjar Gelar Sosialisasi di SMKN 1 Gambut

Banuaterkini.com - Jumat, 26 Mei 2023 | 17:45 WIB

Post View : 43

Puluhan pelajar dari SMKN 1 Gambut mendengarkan dengan seksama sosialisasi mengenai Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh Bakesbangpol Banjar, Kamis (25/05/2023). Foto: BANUATERKINI/MC Kabupaten Banjar.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman
 
Untuk memberi pemahaman yang baik mengenai sistem Pemilu 2024 kepada pemilih pemula, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi calon pemilih pemula, Kamis (25/05/2023).
 
Martapura, Banuaterkini.com - Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMKN 1 Gambut tersebut diikuti oleh sebanyak 60 pelajar SMKN 1 Gambut.
 
Hadir sebagai pembicara Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Banjar, Rusydah, dan Asisten Administrasi Umum, Rahmad Dhani.
 
Kepala Sekolah  SMKN 1 Gambut Syarifah Khasanah beserta jajarannya juga hadir pada pembukaan sosialisasi ini.
 
Rusydah yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia menguraikan, beberapa poin penting terkait maksud, tujuan dan sasaran kegiatan tersebut.
 
Menurut dia, sosialisasi itu merupakan bentuk upaya dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilukada tahun 2024 dengan meningkatkan partisipasi pemilih pemula.
 
"Maksud, tujuan dan sasaran sosialisasi adalah memberikan pemahaman dan informasi kepada pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu dan Pemilukada serentak tahun 2024," kata Rusydah, dikutip Banuaterkini.com, Jumat (26/05/2023).
 
Selain itu, kata dia, melalui sosialisasi tersebut, pemilih pemula dapat menyebarluaskan informasi terkait tahapan maupun pelaksanaan pemungutan suara dan menjadi pemilih cerdas.
 
"Yang terpenting, adalah memberikan dukungan upaya kesuksesan persiapan maupun pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada serentak tahun 2024 dan terakhir meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu dan Pemilukada serentak 2024 yang akan datang," beber dia.
 
Sementara itu, Sekretaris Bakesbangpol Banjar, Wasis Nugraha mengatakan, sosialisasi pendidikan politik ini penting untuk membangun semangat kebersamaan.
 
Dengan semangat kebersamaan, kata Wasis, maka Pemerintah akan lebih tangguh menghadapi berbagai hambatan dan tantangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Sebagaimana diketahui tantangan yang dihadapi oleh bangsa pada saat ini sangatlah banyak maka diperlukan tekad semangat kerja bahu membahu daya kreasi dan inovasi yang jauh lebih baik oleh seluruh elemen bangsa ini," urai dia.
 
Menurut dia, Pendidikan politik bagi pemilih pemula pada dasarnya bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman pada mekanisme kepemiluan.
 
"Tujuan utama pendidikan politik adalah membangun masyarakat yang cerdas berpolitik. Salah satu indikasi masyarakat yang cerdas kedepannya adalah mengetahui secara baik hak dan kewajiban menyalurkan aspirasi politik," pungkas dia.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?