Disarsipus Gelar Bimtek Pengelolaan Bahan Pustaka

Banuaterkini.com - Jumat, 20 Oktober 2023 | 01:24 WIB

Post View : 12

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kotabaru, Khairil Fajri saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba mengarang dan desain poster. Foto: BANUATERKINI/Humas Pemkab Kotabaru/Aidil.

Laporan: Aidil Syarifudin

Untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola dan mengolah bahan perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disarsipus) Kabupaten Kotabaru menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan dan pengolahan bahan pustaka.

Kotabaru, Banuaterkini.com - Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Surya Kotabaru tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Disarsipus Kotabaru, Khairil Fajri, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah pustakawan desa dan pustakawan sekolah di wilayah Kabupaten Kotabaru ini menghadirkan pustakawan ahli media Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Arbayah.

Menurut Khairil Fajri, perpustakaan itu memiliki fungsi pendidikan bagi semua. Jadi, menurut dia, tantangan yang mungkin dihadapi pustakawan saat ini adalah bagaimana bukan meningkatkan minat anak dan masyarakat untuk cinta perpustakaan dan membaca.

"Tantangan ini bukan hanya kepada anak-anak, tetapi juga kepada kita semua selaku pelaku utama bidang pendidikan," kata Khairl Fajri, dalam keterangan pers yang diterima Banuaterkini.com, Kamis (19/10/2023).

Oleh sebab itu, kata dia, para pustakawan memiliki tugas untuk bisa menarik minat baca tak hanya di kalangan anak-anak tetapi juga kepada seluruh masyarakat.

"Tugas kami di perpustakaan pun lebih besar, karena yang kami layani bukan hanya anak sekolah namun semua jenjang lapisan masyarakat," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba desain poster dan lomba mengarang dalam rangka memeriahkan bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan tahun 2023.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev