Habiskan Dana Rp787 Miliar, SPAM Diklaim Bisa Suplai Air untuk 60 Ribu Rumah

Banuaterkini.com - Sabtu, 18 Maret 2023 | 12:20 WIB

Post View : 32

Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (17/03/2023). Foto: BPMI Setpres/Rusman

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula yang ada di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diklaim akan mampu menyuplai air minum kepada 60 ribu rumah tangga. 

Banjarbaru, Banuaterkini.com - SPAM yang pembangunannya menghabiskan anggara senilai Rp787 miliar itu merupakan sistem penyediaan air minum yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut (Banjarbakula). 

Menurut Joko Widodo (Jokowi) SPAM Banjarbakula dengan menggunakan SPAM, diharapkan akan mmampu menyuplai hingga 60 ribu sambungan rumah (SR).

“SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) yang kita bangun di sini untuk tahapan yang kedua. (Ini) menghabiskan anggaran Rp787 miliar, banyak sekali. Dan ini bisa menyuplai 60 ribu rumah tangga yang memerlukan air minum,” ucap Presiden, usai meresmikan SPAM Banjarbakula, Jumat (17/03/2023).

Kepala Negara menuturkan bahwa SPAM Banjarbakula mampu menyediakan air untuk lima kabupaten/kota.

Presiden menyebut air SPAM tersebut berasal dari Sungai Riam Kanan di Kabupaten Banjar untuk kemudian diolah dan disuplai.

“Ini akan menyediakan air untuk Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tanah Laut. Semuanya akan disediakan dari Sistem Penyediaan Air Minum dan ini airnya diambil dari Sungai Riam Kanan, ada yang tahu? Sungai Riam Kanan ditarik dari sini kira-kira 20 kilometer,” tutur Kepala Negara.

Lebih lanjut, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Diana Kusumastuti dalam keterangan terpisah menyampaikan bahwa nantinya akan terdapat tambahan sekitar 14 ribu SR yang disuplai oleh SPAM Banjarbakula.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?