Ikuti Pameran Kriya Nusantara 2023, Fatma: Dorong Inovasi Produk UMKM Kotabaru

Banuaterkini.com - Kamis, 14 September 2023 | 06:09 WIB

Post View : 20

Iriana Joko Widodo secara resmi membuka Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (13/09/2023). Foto: BPMI Setpres/Lukas

Laporan: Aidil Syarifudin

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kotabaru, Fatma Idiana Sayed Jafar, mengharapkan melalui Pameran Nasional Kriya Nusantara 2023, para pengrajin kriya di Kabupaten Kotabaru didorong untuk melakukan inovasi, kreatifitas dan meningkatkan daya saing produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bumi Saijaan.

Kotabaru, Banuaterkini.com -   Menurut Fatma Idiana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru menampilkan kerajinan produk anyaman pandan laut, sasirangan, kerajinan unik dari kayu Ulin dan kerajinan lainnya pada even yang dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Rabu (13/09/2023) di Jakarta. 

"Kabupaten Kotabaru mempromosikan industri kerajinan khas Kotabaru seperti anyaman Pandan Laut, Sasirangan, kerajinan unik pengolahan Kayu Ulin dan ukiran-ukiran dari bahan kayu dan beberapa kerajinan lainnya," kata Fatna Idiana, dalam keterangan pers yang diterima Banuaterkini.com, Kamis  (14/09/2023).

Menurut dia, melalui kegiatan tersebut masyarakat luar dari berbagai daerah di Indonesia mengetahui bahwa produk-produk lokal asal Kotabaru juga sudah berstandar nasional.

Ketua Umum Dekranasda Kotabaru, Hj Fatma Idiana Sayed Jafar bersama rombongnan berfoto di depan Paviliun Kalimantan dalam acara Pamerah Kriya Nusantara 2023 di Jakarta. Foto: BANUATERKINI/Diskominfo Kotabaru/Aidil.

Diketahui, Pemkab Kotabaru melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan bersama Dekranasda Kotabaru mengikuti Pameran Nasional Kriya Nusantara 2023 yang dilaksanakan di Hall A Balai Sidang JCC mulai 13 hingga 17 September 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Kotabaru, Hardhani, saat menghadiri kegiatan tersebut menjelaskan, Pameran Nasional Kriya Nusantara merupakan agenda tahunan Dewan kerajinan Nasional Indonesia untuk mempromosikan dan memasarkan berbagai produk binaan Dekranasda dari berbagai daerah di tanah air.

"Pameran ini sebagai salah satu perwujudan dari produk-produk kriya buatan dalam Negeri memiliki aspek budaya dapat diperlihatkan dan diapresiasi oleh masyarakat luas," ujar Hardhani.

Selain itu, kata dia, melalui kegiatan pameran tersebut produk-produk daerah dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai komoditas industri yang memiliki daya saing dan bernilai ekonomi tinggi.

Pameran Kriya Nusantara Tahun 2023 ini diikuti oleh 143 peserta dari 34 Provinsi di seluruh Tanah Air.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev