Jalan Nan Sarunai Tabalong Jadi Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru di Sekitar IKN

Banuaterkini.com - Minggu, 19 Maret 2023 | 08:35 WIB

Post View : 63

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Selesainya pembangunan Jalan Nan Sarunai di Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) diharapkan dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi baru di kawasan penyangga Ibukota Nusantara (IKN).

Tanjung, Banuaterkini.com - Jalan Nan Sarunai yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (17/03/2023) diharapkan tak hanya  jadi pemantik pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tabalong, tetapi juga di seluruh kawasan yang berbatasan langsung dengan IKN itu.

Jalan Nan Sarunai Ruas Simpang 4 Islamic Center – Tanjung Selatan, sepanjang 4,2 kilometer tersebut menghabiskan anggaran sekitar 104 miliar yang berasal dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Saya kira bagus ini akan men-trigger titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Tabalong,” ujar Presiden Jokowi, dikutip Banuaterkini.com, Minggu (19/03/2023).

Berdasarkan laporan dari Bupati Tabalong, Anang Syakhfianu, Presiden mengatakan bahwa terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tabalong selama dua tahun terakhir.

Pertumbuhan ekonomi tahun 2021 sebesar 3,27 persen meningkat menjadi 5,30 persen pada tahun 2022.

“Memang (pembangunan jalan tersebut) memberikan sebuah dorongan ekonomi terhadap Kabupaten Tabalong,” ucap Presiden.

Sementara itu, dalam keterangan terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong Wibawa Agung Subrata berharap jalan yang dilengkapi dengan 12 jembatan dan dikerjakan selama satu tahun tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas dan waktu tempuh yang lebih baik bagi masyarakat luas.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?