Jelang Haul Guru Sekumpul ke-19, Peziarah Makin Ramai Saat Libur Akhir Tahun 2023

Banuaterkini.com - Rabu, 27 Desember 2023 | 12:35 WIB

Post View : 30

Para peziarah memadahi Gang Purnawa, kawasan Sekumpul Martapura. Foto: BANUATERKINI/Rizky.

Laporan: Muhammad Rizky

Menjelang tutup tahun 2023 dan menjelang haul KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul ke-19, para peziarah tanpak semakin ramai memadati kawasan wisata religi di Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Martapura, Banuaterkini.com - Meskipun belum ada kabar mengenai kapan kepastian pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul dilaksanakan, terjadi peningkatan yang cukup signifikan jumlah peziarah yang mendatangi wilayah sekitar Mushalla Ar Raudhah, Sukumpul dan sekitarnya.

Menurut warga setempat, tinggi animo masyarakat mengunjungi kawasan wisata religi di Sekumpul Martapura, lantaran memang bertepatan dengan momen liburan sekolah dan menjelang akhir tahun 2023.  

Salah satu relawan Posko Purnama yang berlokasi tak jauh dari Komplek Mushalla Ar Raudhah, Husni, menyebutkan peziarah terlihat cukup meningkat beberapa hari terakhir ini.

Dikatakan Husni, hal itu dapat dilihat dari semakin banyaknya kendaraan pengangkut jamaah baik menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, mobil pribadi bahkan ada yang datang secara rombongan dengan moda angkutan bis.

Tingginya angka kedatangan para peziarah di kawasan Sekumpul menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang. Foto: BANUATERKINI/Antara.

Husni menduga, tingginya angka kunjungan masyarakat baik yang datang dari wilayah Kabupaten Banjar maupun daerah lainnya di Kalsel dan luar Kalimantan itu lantaran bertepatan dengan libur panjang menjelang akhir tahun 2023.

Husni yang mengaku menjadi penjaga parkir di Gang Purnama, tak jauh dari Mushalla Ar Raudhah, menuturkan bahwa jumlah kendaraan khususnya roda dua dan roda empat lebih banyak dari hari-hari biasanya.

"Iya, terjadi peningkatan jumlah peziarah, hal ini bisa dilihat dari jumlah kendaraan yang diparkir di sekitar Gang Purnama dan kawasan lainnya di Sekumpul," ujar Husni.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev