Kadis PUPR Kalsel: Masyarakat Harus Ikut Berperan Aktif Kelola Sampah

Banuaterkini.com - Jumat, 23 Februari 2024 | 17:56 WIB

Post View : 8

Kadis PUPR Kalsel melalui Kabid Cipta Karya Yulianti Erlinah saat membuka Sosialisasi Pengelolaan Sampah Terpadu dan Berwawasan Lingkungan Provinsi Kalsel Tahun 2024 di Banjarmasin, Rabu (21/02/2024). Foto; BANUATERKINI/MC Kalsel/Sayri.

Masyarakat dan semua pihak harus ikut berperan aktif melakukan pengelolan dan penanganan masalah sampah yang ada di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Banjarmasin, Banuaterkini.com - Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kabid Cipta Karya, Yulianti Erlinah, menyampaikan hal itu saat membuka Sosialisasi Pengelolaan Sampah Terpadu dan Berwawasan Lingkungan Provinsi Kalsel Tahun 2024, di Banjarmasin, Rabu (21/02/2024).

Menurut Yulianti, sampah adalah masalah yang semakin mendapatkan perhatian, baik dari pemerintah maupun masyarakat, karena dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, pemerintah dituntut untuk memiliki peran penting dalam mengelola sampah dengan baik, dan seluruh stakeholder termasuk masyarakat juga memiliki peran masing-masing.

“Jadi semua pihak harus ikut berperan aktif agar pengelolaan sampah di Kalimantan Selatan dapat lebih baik,” kata Yulianti, dikutip Banuaterkini.com dari Media Center Kalsel, Jumat (23/02/2024).

Dikatakan dia, pemecahan masalah sampah bukan hanya kewajiban pemerintah. Meskipun pemerintah memiliki anggaran untuk pengelolaan sampah, tapi masyarakat juga harus ikut berperan aktif dalam pengurangan sampah.

“Para stakeholder sedang membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik, dan harapannya masyarakat dapat mulai memilah sampah dari rumah dan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan,” ujarnya.

Dengan cara tersebut, maka efek dari pengurangan sampah ini akan dirasakan di tingkat lokal hingga global.

Selain itu, kepedulian terhadap pengelolaan sampah yang baik juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan, kesehatan, dan kesejahteraan manusia.

Namun, masih ada kendala dalam pengelolaan sampah yang dihadapi oleh masyarakat, seperti kurangnya tempat pembuangan sampah dan jarak yang terlalu jauh. 

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev