Meriahkan HUT ke-73 HSS, Warga ‘Pesta’ 25 Ribu Porsi Ketupat Kandangan

Banuaterkini.com - Sabtu, 2 Desember 2023 | 19:10 WIB

Post View : 32

Masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan antusias mengikuti acara makan ketupat pada puncak acara HUT HSS ke-73. Foto; BANUATERKINI/Antara.

Laporan: Misbad

Warga Kabupaten Hulu Sungai Kandangan sangat antusias mengikuti acara makan Ketupat Kandangan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) dalam rangka memeriahkan perayaan HUT Kabupaten HSS ke-73, Sabtu (02/12/2023) siang.

Kandangan, Banuaterkini.com - Masyarakat dimanjakan dengan sajian sebanyak 25.000 porsi Ketupat Kandangan secara gratis.

Dikutip dari Antaranews.com, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten HSS, Efran menjelaskan, ketupat yang disajikan tersebut disediakan oleh setiap stand Pemkab HSS, BUMN, BUMD, dan instansi terkait.

"Ketupat Kandangan, kita sajikan di setiap stan yang telah disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, BUMN, BMUD, instansi vertikal dan stakeholder terkait," kata Efran di Kandangan, Sabtu (02/12/2023).

Dijelaskan dia, lebih dari 61 stan memenuhi Festival Kuliner Hari Jadi HSS di sepanjang Jalan A Yani km 0 Kandangan atau tepatnya di sekitaran kawasan Pendopo Kabupaten HSS.

Setiap stan menyediakan 250 porsi ketupat yang dilengkapi dengan 41 jenis kue khas dari Kabupaten HSS dan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Setiap stan Ketupat Kandangan menggandeng UMKM dan pedagang lokal sebagai penyedia jadi menambah pendapatan dan perputaran ekonomi masyarakat," imbuh Efran.

Sementara itu, ribuan warga antusias berbaur dan memadati lokasi puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten HSS di kawasan Lambung Mangkurat Kandangan, termasuk sejumlah stan yang menyediakan Ketupat Kandangan secara gratis bagi pengujung.

Panitia juga menyediakan stan "booth" foto dan video "instagramable" bagi masyarakat yang ingin mengabadikan momen Harjad ke-73 Kabupaten HSS di lokasi perayaan.

Adapun Hari Jadi ke-73 Kabupaten HSS mengusung tema "Bagawi Candatan, Pakulih Kalihatan, Banua Baparawitan".

Tema tersebut bermakna Kabupaten HSS semakin maju pada segala bidang didukung kinerja masyarakat dan pemerintah yang terampil, cerdas, dan mandiri.

Terbukti dari karya nyata dan inovasi daerah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah, serta pemerataan pembangunan dari perkotaan hingga pedesaan di HSS. (Antara).

Editor: Ghazali Rahman

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev