Pengangguran Terbuka di Tabalong Naik jadi 4,46 Persen

Redaksi - Kamis, 16 Maret 2023 | 19:21 WIB

Post View : 50

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Herwandi bersama peserta pelatihan kewirausahaan. Foto: Antaranews/Herlina Lasmianti.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami peningkatan dari 3,41 persen menjadi 4,46 persen dengan jumlah pencari kerja mencapai 4.666 orang. 

Tanjung, Banuatekini.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Herwandi mengharapkan agar pihak perusahaan yang banyak tersebar di wilayah Kabupaten Tabalong menyampaikan informasi lowongan secara terbuka kepada para pencari kerja di Bumi Saraba Kawa tersebut.

"Pihak perusahaan saat ini belum sepenuhnya menyampaikan informasi lowongan kerja sesuai Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1980 tentang wajib lapor lowongan kerja," jelas Herwandi di Tabalong, Kamis (16/03/2023).

Dikutip dari Antaranews.com, keterbukaan lowongan kerja melalui bursa kerja diyakini Herwandi bisa mengurangi angka pengangguran yang pernah mendapat julukan sebagai daerah penghasil langsat (duku) tersebut.

Dikatakan Herwandi, dengan adanya bursa kerja maka tersedia fasilitas dan informasi tenaga kerja khususnya terkait lowongan kerja di daerah bagi masyarakat maupun pencari kerja.

"Kita akan mengagendakan bursa kerja bersamaan hari jadi Kabupaten Tabalong sehingga tersedia informasi lowongan kerja di daerah," jelasnya.

Diketahui, di Kabupaten Tabalong sendiri jumlah usia kerja mencapai 136.032 orang dan yang sudah bekerja 131.366 orang.

Terkait program peningkatan tenaga kerja yang profesional dan mandiri Disnaker setempat melaksanakan pelatihan kejuruan dan program pemagangan ke sejumlah perusahaan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev