‘Perjalanan Terakhir’ Misbad, Jurnalis Banuaterkini.com, Anang: Orangnya Sangat Peduli

Banuaterkini.com - Minggu, 24 Desember 2023 | 10:54 WIB

Post View : 270

Momen ketika almarhum Misbad (Misransyah bin Baderun) menyanyikan lagu "Masya Allah" pada acara Lomba Karaoke yang digelar SMSI Kalsel, Sabtu (23/12/2023). Foto: BANUATERKINI/Istimewa/SMSI Kalsel.

"Almarhum adalah sosok orang baik, pekerja keras dan sabar. Ringan tangan, suka membantu. Kepeduliannya juga sangat tinggi. Jadi, dia bisa jadi panutan bagi rekan-rekan wartawan lainnya," kata Anang Fadilah.

Oleh:  MS Shiddiq Albanjary (Pemimpin Redaksi)

SIANG Sabtu (23/12/2023) matahari persis di atas kepala. Sangat Terik. Cukup terkejut, dalam perjalanan menuju IKN di Sepaku, Penajam Paser Utara, saya membuka WhatsApp Group SMSI Kalsel.

"Inna lillahi wa Inna ilaihi Roji'un, lagu Masya Allah mengantar Misbach ke Peristirahatan Terakhir" tulis Eddy Darmawan dengan melampirkan foto seseorang yang sangat saya kenal. Belum yakin, saya pinggirkan mobil. Perlahan dengan perasaaan sedih dan penuh tanda tanya, saya chat di grup yang sama.

"Ini wartawan kami Misbad kah yg meninggal?," tanya saya seolah belum percaya kalau Kepala Perwakilan Banuaterkini.com wilayah Kalimantan Selatan itu sudah pergi untuk selamanya.

Misbad, biasa teman-teman memanggilnya. Nama itu merupakan akronim dari nama dia dan nama orang tuanya, yaitu Misransyah bin Baderun. Nama itu juga sekaligus kode dalam karya jurnalistiknya di Banuaterkini.com. Saya lupa persisnya kapan pria kelahiran 10 Juli 1963 itu bergabung memperkuat skuad media kami, sekitar awal tahun 2022 lalu. Tetapi, dedikasi dan loyalitasnya sebagai jurnalis yang cukup tinggi, ditambah kerja tim yang luar biasa, media kami memiliki energi yang hebat untuk berbagi informasi. Tentu dengan gaya khas media kami yang "Lugas dan Cerdas Mengabarkan". 

Misbad pun menjadi salah jurnalis media kami yang sangat produktif. Ini terlihat dari karya-karya jurnalistiknya. Tak sulit menggambarkan betapa Misbad yang saya kenal, meski tak memiliki latar belakang yang secara khusus di dunia jurnalisme, ia menjadi sosok yang terus mau belajar dan mampu meng-upgrade kemampuannya menulisnya. 

Tidak hanya itu, ia juga mampu membangun jejaring dan kemitraan, tak hanya dengan sesama jurnalis dari berbagai perusahaan media, ia juga membangun kerjasama dengan para pemangku kebijakan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Bahkan, salah satu pendapatan perusahaan media kami melalui iklan adalah buah dari kerja kerasnya yang memang luar biasa itu.

Salut. Mungkin satu kata yang tepat untuk melukiskan cara dia bekerja di dunia jurnalistik dan bisa menempatkan dirinya secara proporsional di antara teman kerja, mitra, kolega dan siapapun yang ada di sekitarnya. Bahkan, saat dia 'berjuang' bersama warga Kampung Batuah, di mana ia dilahirkan 60 tahun yang lalu itu, saat warga sedang 'berhadapan' dengan Pemko Banjarmasin yang hendak menggusur kawasan Pasar Batuah yang sejak awal merupakan kawasan perkampungan, Misbad tampil tak hanya melalui tulisan-tulisan kritisnya yang tajam, ia juga menjadi salah satu lokomotif perjuangan orang-orang kecil yang melawan penindasan penguasa saat itu.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?