Terobosan Imigrasi Batulicin, Permudah Penerbitan Paspor dengan Program Jemput Bola

Banuaterkini.com - Jumat, 23 Februari 2024 | 17:29 WIB

Post View : 8

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin I Gusti Bagus M. Ibrahiem (tengah) saat mengawasi petugas Imigrasi dalam memberikan layanan paspor kepada masyarakat Kotabatu melalui program Eazy Passport atau jemput bola Kamis (22/02/2024). Foto: BANUATERKINI/ ANTARA/Humas Imigrasi Batulicin.

Terobosan dilakukan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Kabupaten, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Masyarakat mendapat kemudahan untuk memperoleh paspor, karena mereka tak perlu lagi datang ke kantor imigrasi setempat. 

Batulicin, Banuaterkini.com - Terobosan yang dilakukan Kantor Imigrasi Batulicin adalah dengan mendatangi warga yang hendak membuat paspor melalui program jemput bola.

"Program jemput bola ini kami beri nama "Eazy Passport", dan program ini juga melibatkan pemerintah daerah setempat untuk memberikan kemudahan akses pelayanan paspor kepada calon pembuat paspor," terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin I, Gusti Bagus M. Ibrahiem, Kamis (22/02/2024).

Dikutip dari Antaranews.com, Gusti Bagus mengatakan, mekanisme layanan ini, masyarakat yang hendak membuat paspor yang bersangkutan tidak perlu lagi datang ke Kantor Imigrasi di Batulicin.

Masyarakat, kata Gusti, cukup mengundang petugas Imigrasi, maka pihak imigrasi yang akan mendatangi pemohon yang akan membuat paspor.

Eazy Passport adalah Layanan Pembuatan Paspor di luar Kantor Imigrasi. Foto: BANUATERKINI/KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Muhamad Maryadi menjelaskan, program layanan "Eazy Passport" atau layanan jemput bola pembuatan paspor merupakan inovasi yang ditawarkan sebagai langkah konkret dalam meningkatkan pelayanan publik.

Kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru merupakan langkah strategis yang diharapkan dapat memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Hal ini tentunya akan mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan oleh masyarakat dalam perjalanan ke Kantor Imigrasi," ujar Maryadi, dikutip Banuaterkini.com, Jumat (23/02/2024).

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan layanan Eazy Passport ini secara rutin. 

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev