Tim Gabungan Berhasil Atasi Karhutla di Desa Jingah Habang Karang Intan

Banuaterkini.com - Rabu, 20 September 2023 | 21:22 WIB

Post View : 6

Tim Gabungan berhasil mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Desa Jingah Habang, Karang Intan. Foto: BANUATERKINI/BPBD Banjar/Info Publik Banjar/ Misbad.

Laporan: Misbad

Tim gabungan dari berbagai kesatuan dan relawan saling bahu membahu melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Jingah Habang, Kecamatan Karang Intan, Rabu (20/09/2023).

Martapura, Banuaterkini.com - Informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber menyebutkan, Karhutla yang terjadi di Desa Jingah Habang berkobar cukup besar siang tadi.

Oleh sebab itu, tim gabungan yang berada di posko penanggulangan bencana Karhutla dan kekeringan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar langsung menuju lokasi terjadinya Karhutla tidak lama setelah mendapatkan informasi.  

Tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Kejari, EBR, PMI, TRC RAPI, dan BPK swasta lakukan penanganan api pada pukul 12.30 waktu setempat. 

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita, tim gabungan yang juga dibantu oleh beberapa warga sekitar lakukan penanganan Karhutla memakan waktu hingga 2 jam lebih. 

"Vegetasi yang terbakar di Desa Jingah Habang adalah semak belukar dan pepohonan. Status api sudah padam, sementara luasan lahan yang terbakar sekitar 8 hektare," kata Warsita, dikutip Banuaterkini.com.

Selain di Desa Jingah Habang, Karhutla juga terjadi di Desa Gudang Tengah, Kecamatan Sungai Tabuk. Tim gabungan BPBD Banjar juga lakukan penanganan di lokasi tersebut. 

Penanganan yang cepat oleh tim gabungan membuat api tidak melebar luas dan mudah dipadamkan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev