Wabub Banjar: Peringatan HLUN 2023, Upaya Wujudkan Lansia Tangguh

Banuaterkini.com - Selasa, 30 Mei 2023 | 11:40 WIB

Post View : 23

Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Alhabsyi menyebutkan bahwa HLUN 2023 merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan lansia yang tangguh. Foto; BANUATERKINI/Diskominfo Banjar.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi menuturkan bahwa peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 merupakan salah satu upaya mewujudkan lansia yang tangguh, baik secara mental dan sosial.

Martapura, Banuaerkini.com – Menurut Habib Idrus Alhabsyi HLUN 2023 juga sebagai ajang silaturahmi dan sarana untuk menambah pengetahuan kalangan lansia.

“Peringatan HLUN merupakan ajang silaturrahmi antar lansia atau pra lansia sebagai sarana menambah pengetahuan serta upaya mewujudkan lansia tangguh fisik, mental maupun sosial,” kata Wabub Habib Idrus saat memimpin peringatan HLUN 2023 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura, Senin (29/05/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar yang mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat” diawali dengan senam bersama dilanjutkan dengan pemaparan dua narasumber dari BKKBN Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar.

Dijelaskan Habib Idrus, sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009, upaya pengendalian pertumbuhan penduduk dilakukan melalui program Bangga Kencana dalam rangka mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas.

Ia menambahkan, mengacu pendataan keluarga dan pemutakhiran data kependudukan ada sebanyak 37.152 lansia di Kabupaten Banjar.

“Sedangkan untuk pembinaan kelompok kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL) sebanyak 55 kelompok dengan 43 kelompok BKL yang aktif,” imbuh dia, dikutip Banuaterkini.com, Selasa (30/05/2023).

Sementara itu, Bagian Pengendalian Penduduk BKKBN RI Milarahmawati menyebutkan, salah satu tugas pihaknya adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kelanjutusiaan yang sehat, tangguh, mandiri, aktif, produktif dan bermartabat.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?