Yuk! Cari Tau Kapan Haul Abah Guru Sekumpul 2024 Digelar, Berikut Informasinya

Banuaterkini.com - Minggu, 24 Desember 2023 | 14:58 WIB

Post View : 118

Suasana haul Abah Guru Sekumpul tahun 2022 lalu. Foto: BANUATERKINI/Istimewa/Alya

Laporan: Alya Amalia

Informasi menarik bagi para pencinta Abah Guru Sekumpul. Pasalnya, haul ke-19 Haul Tuan Guru H Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau sering disebut Abah Guru Sekumpul menurut rencana bakal digelar pada 17 Januari 2024 mendatang.

Martapura, Banuaterkini.com - Pelaksanaan haul yang bertepatan dengan 5 Rajab 1445 Hijriyah itu, dipastikan bakal dihadiri jutaan jamaah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.  

Haul Guru Sekumpul merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk mengingat hari wafatnya Guru Ijai. Haul ini diadakan setiap tanggal 5 Rajab dan dipusatkan di Mushalla Ar Raudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Kegiatan Haul Abah Guru Sekumpul yang setiap tahun terus bertambah jamaahnya ini biasanya sudah disiapkan oleh panitia sejak enam bulan sebelumnya.

Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan termasuk penataan arus lalulintas, mobilitas kendaraan dan orang yang hendak menuju Sekumpul.

"Jadi, persiapan ini menyangkut rekayasa lalu lintas, antisipasi kerawanan, aspek pelayanan kesehatan dan logistik jamaah yang menghadiri acara haul," ujar salah satu panitia yang enggan namanya ditulis.

Diperkirakan, tahun ini jamaah dari mancanegara seperti dari wilayah Asia Tenggara, Timur Tengah hingga Afrika bakal memeriahkan momen acara haul.

Dikutip dari apahabar.com, Bupati Banjar, Saidi Mansyur sudah memerintahkan kepada seluruh SKPD  di lingkup Pemkab Banjar untuk memberikan mendukung penuh pada persiapan, pelaksanaan hingga pasca kegiatan Haul ke-19 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev