DPR Minta Penanganan Banjir Rob di Bontang Kuala Jadi Prioritas

Banuaterkini.com - Rabu, 9 Agustus 2023 | 16:55 WIB

Post View : 15

Anggota Komisi V DPR RI Irwan saat melakukan kunjungan kerja Komisi V di Bontang, Kalimantan Timur, Selasa (08/08/2023). Foto: BANUATERKINI/dpr.go.id/Wilga/nr
images (4)

Laporan: Masri l Editor: Ghazali Rahman

Komisi V DPR RI mendorong agar penanganan masalah banjir rob di Bontang Kuala, Kalimantan Timur (Kaltim), menjadi prioritas Pemerintah.

Bontang, Banuaterkini.com – Pernyataan tersebut disampaikan Anggota Komisi V DPR RI, Irwan, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Bontang, Kaltim, Selasa (08/08/2023).

Menurut Irwan, pihaknya akan mendorong prioritas perbaikan infrastruktur di Bontang Kuala dengan mendorong penganggaran untuk percepatan penanganan banjir rob di daerah tersebut.

“Kenapa saya prioritaskan? karena selain tempat wisata, Bontang Kuala ini juga jadi tempat sejarah lahirnya Kota Bontang. Terus kami kawal sampai terealisasi,” kata Irwan kepada dpr.go.id, usai melakukan kunjungan kerja Komisi V di Bontang, Kalimantan Timur, Selasa (08/08/2023).

Dijelaskan Irwan, untuk penanganan banjir rob di Bontang Kuala ini perlu kajian yang lebih mendalam.

Banjir rob, kata Irwan, tidak bisa dilakukan hanya dengan peningkatan jalan dan pembuatan pagar keliling untuk membendung air masuk. Sebab, banjir siklus air pasang laut ini kian waktu akan terus meningkat karena kondisi alam.

“Bukan hanya jalan nasionalnya dan tanggulnya, akan tetapi kita harus melihat limpasan dari air laut, jangan sampai kita tutup tanggul jalan tetapi dari (celah) lain bisa masuk,” ungkap Politisi Fraksi Partai Demokrat ini.

Irwan mengatakan, ia bersama Komisi V akan memastikan bahwa penanganan banjir rob di Bontang Kuala ini agar bisa segera direalisasikan minimal paling lambat tahun 2024 sudah bisa dilakukan penanganan. “Ini kebetulan kan mau penetapan APBN di Oktober nanti, jadi kita berjuang bersama-sama,” imbuhnya.

Baca Juga :  BMKG Balikpapan Perkirakan, Kaltim Hujan Petir Berlangsung Hingga Senin

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Regional Kaltim Reiza Setiawan menuturkan jika sebelumnya telah menerima hasil riviu desain pagar keliling pembendung banjir rob agar tak merendam akses masuk Bontang Kuala.

Pihaknya juga menyarankan Pemkot Bontang untuk melakukan penanganan awal dengan cara perbaikan trotoar sisi kanan dan kiri.

Tujuannya, kata Reiza, agar aktivitas masyarakat tetap berjalan.

“Saran dari kami untuk Pemkot Bontang agar melakukan perbaikan trotoar dulu. Jadi pas air pasang aktivitas masyarakat enggak terhenti,” pungkasnya. (we/rdn). 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev

You cannot copy content of this page

Apa yang bisa kami bantu?