Bertemu Presiden Iran, Jokowi Bahas Soal Geopolitik Global

Banuaterkini.com - Kamis, 25 Mei 2023 | 22:03 WIB

Post View : 36

Presiden Joko Widodo pada Selasa (23/05/2023) lalu bertemu langsung dengan Presiden Republik Islam Iran, Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Bogor, Jawa Barat. Foto: BANUATERKINI/BPMI Satpres.

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Presiden Joko Widodo pada Selasa (23/05/2023) lalu bertemu langsung dengan Presiden Republik Islam Iran, Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Bogor, Jawa Barat.

Bogor, Banuaterkini.com - Pertemuan kedua Kepala Negara tersebut selain membahas situasi geopolitik dunia juga menyepakati sejumlah kerja sama dalam pertemuan bilateral keduanya.

Kedua pemimpin tersebut juga sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis di Afghanistan.

“Tadi kita membahas mengenai situasi geopolitik dunia dan penguatan kerja sama bilateral. Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan, dengan terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan,” ujar Presiden Jokowi, dikutip Banuaterkini.com, Kamis (25/05/2023).

Terkait kerja sama bilateral, dalam bidang kesehatan kedua negara sepakat melakukan proyek percontohan untuk tindakan operasi telerobotik.

Selain itu, proyek percontohan untuk telemedisin dan kolaborasi alat pilot di 11 puskesmas juga telah berjalan.

“Saya juga tadi menyampaikan terkait dengan alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia dan kerja sama bioteknologi dan nanoteknologi untuk kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan,” jelas Presiden Jokowi.

Dalam bidang ekonomi, Indonesia dan Iran telah menandatangani persetujuan perdagangan preferensial atau preferential trade agreement (PTA).

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?