Jokowi Tinjau Persiapan KTT ASEAN, Menlu: Persiapan Sudah Sesuai Jalur

Banuaterkini.com - Rabu, 26 April 2023 | 05:42 WIB

Post View : 16

Presiden Joko Widodo kembali meninjau sejumlah persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (25/04/2023). Foto: BANUATERKINI/BPMI Setpres/Lukas.

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan bahwa persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 yang akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Mei mendatang on the right track atau sudah sudah sesuai jalur yang tepat.

Manggarai Barat, Banuaterkini.com - Penegasan Menlu Retno tersebut disampaikan kepada media usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah persiapan menjelang KTT ke-42 ASEAN yang digelar bulan depan.

Menurut Retno semua persiapan baik substansi maupun nonsubstansi sudah berada di jalur yang tepat.

“Semua persiapan baik substansi maupun nonsubstansi kita lakukan pengecekan pada hari ini secara detail langsung oleh Bapak Presiden dan per hari ini kita dapat sampaikan bahwa semua persiapan on the right track,” kata Menlu Retno, Selasa  (24/04/2023).

Terkait substansi, Menlu melaporkan bahwa akan ada delapan pertemuan dalam dua hari penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN pada 10-11 Mei 2023. Dari delapan pertemuan tersebut, lima pertemuan akan digelar di hari pertama, sedangkan tiga pertemuan lainnya digelar di hari kedua.

“Di hari pertama semua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara di hari kedua, tiga pertemuan, dua diantaranya dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara satu pertemuan lainnya secara rotasi saat ini memang akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia,” ungkap Retno, dikutip Banuaterkini.com, Rabu (25/04/2023).

Selain itu, Presiden dan Ibu Iriana juga meninjau sejumlah lokasi yang rencananya akan digunakan untuk beberapa kegiatan KTT ke-42 ASEAN. Mulai dari ruang plenary, retreat, hingga spouse program.

Sedangkan terkait Bandara Komodo, Menlu melaporkan bahwa saat ini sudah terdapat dua jalur, yaitu jalur internasional dan jalur domestik. Bahkan, sejumlah fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung bandara juga terus dipersiapkan dengan matang guna menyambut kedatangan para delegasi KTT ke-42 ASEAN.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?