Mentan: Ketersediaan Beras Nasional Cukup Hadapi El Nino sampai September

Banuaterkini.com - Kamis, 3 Agustus 2023 | 05:51 WIB

Post View : 4

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangannya usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (02/08/2023). Foto: BANUATERKINI/BPMI Setpres

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa Indonesia cukup siap menghadapi fenomena iklim El Nino. Pasalnya, berdasarkan data neraca yang dimiliki Kementan Indonesia memiliki ketersediaan beras nasional yang cukup hingga September mendatang.

Jakarta, Banuaterkini.com - Penegasan tersebut disampaikan Mentan Syahrul Yasin Limpo usai mengikuti rapat terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (02/08/2023). 

“Sampai September kita masih punya overstock di atas 2,7 juta (ton). Artinya dari setiap bulan masih ada panen di atas 800 ribu hektare itu menghasilkan cukup untuk kebutuhan kita setiap bulannya di atas 2 jutaan,” kata Syahrul Yasin Limpo kepada awak media, Rabu (02/08/2023).

Pada kesempatan Ratas, kata Syahrul, Presiden menginstruksikan jajarannya untuk mempersiapkan dan memastikan ketersediaan beras nasional terpenuhi di tengah fenomena iklim El Nino.

Menurut Mentan, fenomena El Nino berdampak pada keterbatasan air dan membuat produktivitas pertanian menurun.

“Kita akan mempersiapkan kurang lebih 500 ribu hektare untuk antisipasi El Nino. Walaupun dalam kenyataan sampai hari ini tentang El Nino dan lain-lain sebagainya yang digambarkan akan panas dan lain-lain. Saya habis cek beberapa waduk dan dam kita yang besar ternyata airnya cukup,” ujarnya, dikutip Banuaterkini.com, Kamis (03/08/2023).

Selain itu, Mentan meyakini bahwa komitmen bersama dari pemerintah daerah menjadi salah satu langkah penting untuk mempersiapkan diri menghadapi El Nino.

Menurut Syahrul, sejumlah daerah di Tanah Air telah menyatakan kesiapannya mempersiapkan lahan pertanian untuk memastikan ketersediaan beras nasional terpenuhi.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?