Jokowi Diundangan KTT G7 di Jepang Pekan Depan

Banuaterkini.com - Minggu, 14 Mei 2023 | 16:43 WIB

Post View : 24

Presiden Jokowi bersama sejumlah pemimpin dunia. Foto: Tempo.co

Editor: Ghazali Rahman

Presiden Joko Widodo atau Jokowi diundang dalam KTT G7 yang bakal dihelat di Hiroshima, Jepang 21 Mei 2023 mendatang. Indonesia diundang dalam pertemuan negara maju tersebut karena menjadi Ketua ASEAN ke-42 yang digelar tahun ini.

Jakarta, Banuaterkini.com - Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizansyah, meski diundang, dirinya tak dapat memastikan kehadiran Kepala Negara dalam kegiatan tersebut.

"Pak Presiden memang diundang pihak Jepang," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah seperti dikutip dari Tempo.co, Sabtu (13/05/2023).

Menurut Faizasyah, pihak Istana Kepresidenan yang bakal mengumumkan hadir atau tidaknya Jokowi dalam pertemuan tersebut.

"Lazimnya untuk kegiatan Presiden diumumkan oleh Istana. Di sisi lain tugas Kemlu memang melakukan berbagai persiapan," kata Faizasyah, dikutip Banuaterkini.com, Minggu (14/05/2023).

Diketahui, pelaksanaan KTT G7 tahun ini dilaksanakan di tengah bayang-bayang perang Rusia Ukraina dan ketegasan Cina yang menjadi perhatian negara-negara Barat.

Dalam konferensi ini, keamanan Eropa dan Indo-Pasifik jadi pokok pembicaraan.

Kekhawatiran beberapa anggota G7 di Eropa – terutama Presiden Prancis Emmanuel Macron, dianggap lemah terhadap ancaman Cina atas Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Cina dalam beberapa hari terakhir mengadakan latihan militer di sekitar Taiwan. Beijing tidak pernah menutup kemungkinan mengerahkan kekuatan untuk kembali merebut pemerintah Taipei.

Selain itu, Para menteri luar negeri dari G7 mengutuk wacana Rusia baru-baru ini ihwal penempatan senjata nuklir di Belarus.

Anggota grup negara industri yang terdiri dari Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Kanada, plus Uni Eropa itu, juga meminta Cina bertindak dengan penuh tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat internasional.

G7 menyampaikan ini dalam komunike Selasa, 18 April 2023, yang menandai kesimpulan dari pertemuan tiga hari di kota resor Karuizawa, Jepang.

"Setiap penggunaan senjata kimia, biologi atau nuklir oleh Rusia akan menghadapi konsekuensi yang parah,” bunyi G7 di pernyataan bersama.

Presiden Jokowi sebelumnya juga diundang untuk menghadiri KTT G7 tahun lalu di Jerman. Negara G7 sendiri beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis. Tahun lalu, Indonesia hadir sebagai negara mitra G7 sekaligus Presidensi G20.

Sumber: Tempo.co

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?