Presiden Jokowi: Selain Indah Batik itu Istimewa karena Makna dan Filosofinya

Banuaterkini.com - Kamis, 3 Agustus 2023 | 06:02 WIB

Post View : 6

Presiden Joko Widodo membuka Gelar Batik Nusantara Rabu (02/08/2023), di Senayan Park Mall, Jakarta. Foto: BANUATERKINI/BPMI Setpres/Kris

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa batik memiliki keistimewaan, tidak hanya karena keindahannya tetapi juga karena makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya.

Jakarta, Banuaterkini.com - Presiden Jokowi menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan dalam acara Gelar Batik Nusantara di Senayan Park Mall, Jakarta, Rabu (02/08/2023).

Presiden menuturkan bahwa batik sangat istimewa, tidak saja karena keindahannya tetapi juga karena makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya.

“Batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita,” ungkap Presiden.

Kepala Negara juga menyampaikan apresiasinya kepada para pelaku batik di seluruh Tanah Air yang terus berkreasi menciptakan dan memproduksi serta menggunakan batik sebagai karya adiluhur bangsa Indonesia. 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pengrajin batik, kepada desainer batik, kepada pengusaha batik, kepada para pecinta batik, para pemakai batik yang selama ini terus dan telah berkreasi menciptakan dan memproduksi dan menggunakan batik sebagai karya adiluhur bangsa kita Indonesia,” kata Kepala Negara.

Presiden turut menjelaskan bahwa batik juga telah menciptakan banyak lapangan kerja hingga memberikan penghasilan serta kehidupan bagi jutaan rakyat Indonesia.

Bahkan, berdasarkan laporan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita nilai dan perputaran dari industri batik di Tanah Air terus meningkat.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev