RANS303 INDOSEVEN RANS303

PKKMB UNUKASE 2024, Ciptakan Mahasiswa Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan

Redaksi - Minggu, 15 September 2024 | 22:02 WIB

Post View : 1

Rektor UNUKASE Dr Abrani Sulaiman. (BANUATERKINI/Juna)

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan (UNUKASE) 2024 tidak hanya memperkenalkan mahasiswa pada lingkungan kampus, tetapi juga memperkuat wawasan kebangsaan melalui nilai-nilai Empat Pilar, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Banuaterkini.com, BANJARMASIN - Acara PKKMB yang diikuti oleh 230 mahasiswa baru dari 10 program studi dalam tiga fakultas ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (14-15 September 2024).

Rektor UNUKASE, Dr. Abrani Sulaiman menekankan pentingnya mahasiswa memahami peran mereka dalam dunia akademik yang berbeda dari masa pelajar.

"Kami memberikan motivasi kepada mahasiswa baru tentang bagaimana seharusnya menjadi seorang mahasiswa yang mandiri, bekerja keras, dan memiliki nilai karakter yang baik seperti jujur dan disiplin," ujarnya di sela-sela kegiatan.

Selain pengenalan kampus, mahasiswa juga mendapatkan materi tentang empat pilar kebangsaan, sebagai upaya membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki wawasan kebangsaan yang kokoh.

Abrani menegaskan pentingnya mahasiswa untuk menghindari keterlibatan dalam narkoba dan menjaga integritas akademik mereka, termasuk menjauhi segala bentuk kekerasan seksual yang telah diantisipasi oleh kampus melalui pembentukan Komisi Anti Kekerasan Seks.

Salah satu sorotan menarik dari PKKMB tahun ini adalah partisipasi 47 mahasiswa baru dari Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Tanah Laut.

Ahmad Muslih, pendamping dari pondok pesantren tersebut, menyampaikan harapannya bahwa lulusan-lulusan ini akan menjadi generasi penerus yang membawa perubahan positif.

"Pendidikan yang baik akan meningkatkan taraf ekonomi dan kualitas hidup mereka di masa depan," jelas Muslih.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev