RANS303 INDOSEVEN RANS303

UNUKASE dan BPBD Balangan Bahas Sinergi Pengembangan SDM dan Mitigasi Bencana

Redaksi - Jumat, 18 Oktober 2024 | 14:59 WIB

Post View : 0

BPBD Kabupaten Balangan saat bersilaturahmi dengan Rektor UNUKASE Dr Abrani Sulaiman. (BANUATERKINI/Humas UNUKASE/Juna)

Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan (UNUKASE), Abrani Sulaiman menerima kunjungan silaturahmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan di Gedung Dakwah UNUKASE, pada Kamis (17/10/2024). 

Banuaterkini.com, BANJARMASIN - Pertemuan ini menjadi ajang pembahasan kerja sama strategis antara dunia pendidikan dan pemerintah daerah dalam berbagai sektor, khususnya penanggulangan bencana dan pengembangan sumber daya manusia.

Dalam sambutannya, Abrani Sulaiman menyampaikan apresiasi atas kunjungan BPBD Balangan dan menegaskan kesiapan universitas untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Balangan, terutama dalam mendukung program-program strategis yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah Program Bupati Balangan, Program Seribu Sarjana, yang bertujuan memberikan kesempatan pendidikan bagi warga Balangan.

"UNUKASE sangat mendukung Program Seribu Sarjana Bupati Balangan. Program ini membuka kesempatan beasiswa bagi warga ber-KTP Balangan yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, baik di Banjarbaru, Banjarmasin, Amuntai, atau di mana pun mereka kuliah. Kami akan terus bersinergi dalam mendukung program ini, sehingga semakin banyak warga Balangan yang bisa meraih gelar sarjana," kata Rektor Abrani, dalam katerangannya, Jumat (18/10/2024).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Balangan, Riswandi dalam pertemuan tersebut menjelaskan, bahwa saat ini BPBD Balangan tengah menyusun dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB).

Dia katakan, RPB merupakan mandat Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar Kabupaten/Kota.

Ia menekankan pentingnya dukungan dari pihak akademis, khususnya Universitas Nahdlatul Ulama, dalam mewujudkan rencana tersebut.

"Kami melihat ada beberapa program kerja BPBD yang bisa disinergikan dengan UNUKASE, terutama melalui Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Arsitektur," ujarnya.

Riswandi mengharpkan, kolaborasi tersebut akan membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan berbagai proyek penanggulangan bencana, termasuk dalam hal rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur yang terdampak bencana.

"Melalui sinergi ini, UNUKASE tidak hanya akan berperan dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia, tetapi juga dalam menyumbangkan keahlian teknis dari para mahasiswa dan dosen untuk membantu BPBD Balangan dalam penyusunan dan implementasi program-program penanggulangan bencana," tegasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengharapkan kerja sama tersebut menjadi langkah awal dalam memperkuat upaya mitigasi bencana di Kabupaten Balangan, sekaligus meningkatkan peran perguruan tinggi dalam pengabdian kepada masyarakat melalui dukungan akademis dan praktis.

Laporan: Ariel Subarkah
Editor: Ghazali Rahman
Copyright @Banuaterkini 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev