RANS303 INDOSEVEN RANS303

Waspadai Peningkatan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia Pekan Ini

Redaksi - Sabtu, 7 September 2024 | 18:29 WIB

Post View : 9

Ilustrasi hujan yang bakal terjadi di beberapa kota di Indonesia. (BANUATERKINI/Bisnis.com).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi peningkatan potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia pada periode 6 hingga 12 September 2024.

Banuaterkini.com, JAKARTA - Fenomena cuaca global seperti Gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial mempengaruhi terbentuknya awan hujan di wilayah selatan Indonesia, termasuk Pulau Jawa.

Selain itu, wilayah utara dan tengah Indonesia, seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, juga menunjukkan potensi curah hujan serupa.

BMKG melaporkan adanya peningkatan kelembapan udara yang tinggi serta perlambatan angin yang memperkuat peluang terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat, bahkan disertai kilat dan angin kencang.

Masyarakat di Aceh, Sumatra Utara, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir dan bencana lainnya.

BMKG juga menyoroti pentingnya masyarakat untuk mengenali potensi bencana di lingkungan masing-masing dan memperbarui informasi dari sumber resmi, terutama bagi mereka yang berada di daerah rawan bencana seperti lereng bukit atau daerah curam yang rentan longsor.

Dengan adanya cuaca ekstrem ini, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan memantau informasi terbaru melalui situs BMKG dan aplikasi Info BMKG untuk tindakan mitigasi yang tepat.

Laporan: Ariel Subarkah
Editor: Ghazali Rahman
Copyright @Banuaterkini 2024

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev