Basarnas Makassar Sebut Korban Longsor di Luwu Bertambah

Banuaterkini.com - Rabu, 28 Februari 2024 | 22:25 WIB

Post View : 6

Sejumlah personel tim SAR gabungan mengevakuasi korban pascabencana tanah longsor di Jalan Poros Desa Bonglo, Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (28/02/2024). Foto: BANUATERKINI/ANTARA/Dokumentasi Basarnas Makassar.

Jumlah korban musibah longsor di Jalan Desa Bonglo, Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan bertambah menjadi 23 orang.

Makassar, Banuaterkini.com - Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel menyebut bertambahnya jumlah korban pascabencana tanah longsor tersebut lantaran korban selamat baru melapor ke posko gabungan.

"Dari data sebelumnya korban 15 orang, namun berubah menjadi 23 orang. Jumlah tersebut berubah karena korban selamat baru melapor di posko gabungan. Jadi, korban selamat sebanyak 18 orang dari semula 10 orang dan meninggal lima orang," ujar Mexianus saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (28/02/2024).

Dikutip dari Antaranews.com, dalam operasi SAR bencana alam tanah longsor tersebut, kata dia, melibatkan 560 personel yang berasal dari TNI Polri, instansi pemerintah, organisasi dan masyarakat sekitar.

"Hingga saat ini, personel yang terlibat sejumlah 560 orang, dan hari ini juga terdapat penambahan tim K9 (anjing pelacak) Polda Sulsel. Kami sangat berharap seluruh korban longsor dapat segera ditemukan," imbuh dia.

Diamanahkan sebagai Search Mission Coordinator (SMC) ini mengemukakan, tim pencari dan penolong sudah bergerak melaksanakan pencarian dengan menyisir area longsoran bagian selatan dan utara.

"Pergerakan tim hari ini masih di bagi beberapa tim, yang tentu saja melibatkan dari berbagai potensi SAR. Tim melakukan penyisiran di area longsor bagian selatan dan utara," katanya.

Selain itu alat drone thermal telah diterbangkan untuk melakukan assesment sekaligus melaksanakan pencarian. Bahkan alat berat ekskavator dari PUPR Jeneberang juga bergerak untuk membersihkan longsoran tanah.

"Dan hari ini, tim SAR K9 Polda Sulsel juga sedang melakukan penyisiran di wilayah longsoran, namun hingga sore ini masih nihil," tuturnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev