DPRD Gunung Mas Kalteng Kaji Banding Soal Pertanian ke Kabupaten Banjar

Banuaterkini.com - Jumat, 4 November 2022 | 06:12 WIB

Post View : 28

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, Hilman, didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar saat menerima rombongan DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, dalam rangka kaji banding tentang pertanian dan pariwisata, Kamis (03/11/2022). Banuaterkini/Misbad.

Laporan: Misbad l Editor: DR MDQ

DPRD Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banjar. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan kaji banding mengenai pertanian yang diterapkan di daerah ini.

Martapura. Banuaterkini.com - Kedatangan DPRD Gunung Mas pagi Kamis (03/11/2022) disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar, Hilman beserta jajaran di Aula Barakat Kantor Bupati, Jalan Ahmad Yani, Martapura. 

Di hadapan Anggota DPRD Gunugn Mas yang hadi, Hilman menuturkan, bahwa Kabupaten Banjar menjadi salah satu pilot project di Kalimantan Selatan bersama Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu dalam pelaksanaan program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) dari Kementerian Pertanian.

Sekda Banjar, Hilman.

YESS merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda dan tenaga kerja yang handal di sektor pertanian. Sasaran program YESS adalah pemuda berusia 17-39 tahun

"Tujuan utama dalam program YESS adalah regenerasi petani. Kita perlu menumbuhkan petani milineal dengan sasaran program adalah petani muda di pedesaan dari keluarga kurang mampu dan kaum muda yang kesejahteraannya perlu ditingkatkan dari rentan usia 19 sampai dengan 39 tahun," kata Hilman dikutip Banuaterkini.com, Kamis (03/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Gunung Mas, Akerman Sahidar selaku ketua rombongan menjelaskan tujuan utama kunjungan kerja adalah untuk belajar atau mengkaji banding masalah pertanian dan pariwisata, karena Kabupaten Banjar cukup terkenal dengan sejumlah produk unggulannya di sektor pertanian maupun pariwisata.

Karena Kabupaten Banjar cukup  terkenal dengan produk unggulannya menyangkut masalah pertanian dan pariwisata, itulah sebabnya kami tertarik untuk belajar dan juga kaji banding," jelasnya.

Rombongan DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalteng yang dipimpin Akerman Sahidar terlihat antusias mendengarkan paparan Sekda Banjar dan jajaran SKPD terkait.

Ditambahkan Akerman, dirinya berharap dengan kaji banding ini dapat menambah wawasan dan  pengetahuan baru mengenai pertanian dan kepariwisataan yang dapat diterapkan di Kabupaten Gunung Mas.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?