Anis Byarwati: Korupsi Masih Tinggi, Investasi Sulit Tumbuh

Banuaterkini.com - Minggu, 23 April 2023 | 21:33 WIB

Post View : 17

Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati, menyoroti masih tingginya angka korupsi di tanah air. Foto: BANUATERKINI?Parlementaria/ann/rdn.

Laporan: Indra SN l Editor: Ghazali Rahman

Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati menyoroti tingginya angka korupsi yang terjadi di Indonesia. Menurut dia, korupsi menjadi salah satu penyebab investasi relatif sulit tumbuh di Indonesia.

Jakarta, Banuaterkini.com - Anis pun menyatakan keprihatinannya melihat maraknya kasus korupsi di Indonesia.

Salah satunya terkait kasus OTT Walikota Bandung yang belum setahun menjabat. Menurut Anis, peristiwa itu menambah panjang daftar kasus korupsi pejabat negara.

Menurut Anis, perilaku korup tersebut membuat kepercayaan rakyat menurun kepada pejabat publik.

"Selain itu, maraknya kasus korupsi juga menghambat investasi,” kata Anis dalam keterangan tertulis yang dikutip Parlementaria, Selasa (18/o4/2023). 

Anis menyampaikan, Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia saat ini tercatat sebagai yang terendah sejak era reformasi, yaitu sebesar 34 poin dari skala 0-100 pada 2022.

"IPK Indonesia pada 2022 menempati peringkat ke-110, padahal sebelumnya berada di peringkat ke-96 secara global, penurunan ini berarti ada masalah yang tidak dibenahi," ujar Politisi Fraksi PKS ini.

Wakil Ketua BAKN DPR RI ini menambahkan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Bank Dunia, satu-satunya hambatan utama bagi investor untuk berinvestasi di Indonesia adalah korupsi.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?