Demokrat Ungkap 9 Nama yang Diusulkan jadi Kandidat Cawapres Anies

Banuaterkini.com - Sabtu, 10 Juni 2023 | 17:21 WIB

Post View : 79

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keterangan usai pertemuan bersama Sekber KIB pendukung Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (07/06/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan.

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Andi Arief mengungkapkan ada sembilan nama yang beredar menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Rasyid Baswedan.

Jakarta, Banuaterkini.com - Sembilan nama tersebut sudah pernah dibahas oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan pada beberapa bulan lalu.

Andi Arief menyebutkan, nama-nama tersebut adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.
 
Selanjutnya , juga muncul usulan nama Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang akrab disapa Yenny Wahid.

Selain itu, adalah mantan panglima TNI, Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dua nama terakhir adalah elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yakni Ahmad Heryawan dan Ahmad Syaikhu.

"Partai Demokrat sudah memaparkan nama-nama bakal cawapres itu beberapa bulan lalu, di kantor DPP PD (Partai Demokrat), kepada tim capres, atas permintaan tim capres. Sebagaimana tim capres meminta masukan kepada Partai Nasdem dan PKS," ujar Andi dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Republika.co.id, Jumat (09/06/2023).

Meskipun nama AHY memiliki elektabilitas yang baik, tetapi nama-nama lain pun diperhitungkan oleh Partai Demokrat.

AHY bahkan, kata Andi Arief, memerintahkannya sebagai Kepala Bappilu Partai Demokrat untuk memperhitungkan alternatif nama-nama lain tersebut.

"Partai Demokrat tidak pernah memaksakan AHY sebagai bacawapres Anies Baswedan. Silakan ditanyakan kepada capres Anies Baswedan, Ketua Umum Partai Nasdem, dan Ketua Umum PKS. Bahkan, Partai Demokrat setuju untuk menyerahkan keputusan cawapres kepada capres sesuai dengan Piagam Koalisi," ujar Andi, dikutip Banuaterkini.com, Sabtu (10/06/2023).

Sebelumnya, Anies mengakui bahwa sudah mengantongi satu nama untuk menjadi cawapres-nya. Hanya saja, Anies enggan mengungkap sosok yang akan menjadi pendampingnya dalam gelaran Pilpres 2024 itu.

Menurut Anies, masih ada proses panjang sampai akhirnya dirinya mengumumkan sosok cawapres. Yang penting, kata dia, proses itu sudah berjalan. 

"Pokoknya sudah ada, tapi nanti pada waktunya diumumkan," kata Anies usai menjadi pembicara dalam acara pembekalan bakal caleg Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (02/06/2023) lalu.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?