Komisi III DPR Minta Presiden Segera Serahkan Nama Pengganti Firli Bahuri

Redaksi - Jumat, 29 Desember 2023 | 13:02 WIB

Post View : 11

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman. Foto: BANUATERKINI/dpr.go.idMan.

Laporan: Ariel Subarkah

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menyerahkan nama calon pimpinan KPK definitif pengganti Firli Bahuri yang resmi mundur pada Kamis (21/12/2023) lalu.

Jakarta, Banuaterkini.com - Habiburokhman menilai langkah tersebut harus segera dilakukan agar tidak terjadi kekosongan pimpinan KPK saat ini.

"Kami berharap pengganti Pak Firli ini segera bisa diproses agar tidak terjadi kekosongan pimpinan KPK," kata Habib dalam keterangannya belum lama tadi.

Dikutip dari dpr.go.di, Habib menyebutkan, jika merujuk UU KPK, mekanisme penunjukan ketua KPK diusulkan oleh Presiden.

"Nantinya, Presiden harus memilih nama-nama capim KPK dari hasil seleksi di Komisi III DPR pada 2019 lalu," ujar Habiburokhman, Banuaterkini.com, Jumat (29/12/2023).

Merujuk hasil tersebut, daftar capim KPK tersisa empat nama. Pada 2019, mereka kalah perolehan suara dengan lima pimpinan yang mendapat suara terbanyak. Namun, Presiden bisa memilih di antara nama-nama tersebut tanpa merujuk perolehan suara hasil seleksi.

Nantinya, nama usulan presiden akan mengikuti tes uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. Satu nama yang terpilih nantinya akan dilantik. Keempat nama tersebut yakni, Sigit Danang Joyo, Lutfi Jayadi Kurniawan, I Nyoman Wara, Robby Arya Brata.

Sementara itu, Politisi Fraksi Partai Gerindra ini menambahkan, pihaknya menghormati keputusan Firli yang mundur dari Komisi Antirasuah. Menurut dia, langkah tersebut tepat baik bagi dirinya maupun lembaga.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev