Muhaimin Ingatkan Pemerintah Fokus Ketahanan Pangan Dalam Negeri

Banuaterkini.com - Sabtu, 15 Juli 2023 | 17:14 WIB

Post View : 18

Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar. Foto : BANUATERKINI/dpr.go.id/Mu/Ma.

Laporan: Indra SN l Editor: Ghazali Rahman

Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar mengingatkan pemerintah bersama pemangku kepentingan pertanian agar fokus kolaborasi ketahanan pangan di dalam negeri.

Jakarta, Banuaterkini.com - Muhaimin menyampaikan hal itu menanggapi adanya pertemuan Indonesia dan ASEAN dengan Rusia, India, dan Kanada.

Pria yang akrab disapa Gus Imin ini meminta Pemerintah dan para pemangku kebijakan untuk terlebih dahulu memperkuat ketahanan pangan di hulu dan hilir.

“Kolaborasi dengan ASEAN dan negara lain soal ketahanan pangan itu perlu. Tetapi saya kira dengan kondisi saat ini seharusnya kita fokus kolaborasi di dalam negeri dulu, perkuat dulu ketahanan pangan kita dari hulu sampai hilir,” kata Abdul Muhaimin Iskandar seperti dilansir dalam laman dpr.go.id, Jumat (14/07/2023).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan, Pemerintah seharusnya mengedepankan pembenahan manajemen ketahanan pangan nasional sebelum menjalin kolaborasi dengan ASEAN maupun negara lain.

Dikatakannya, negara lain juga pasti akan mempertahankan ketahanan pangan dalam negeri ketika mereka dihadapkan pada ancaman kekeringan dan cuaca ekstrem, misalnya akibat fenomena El Nino.

“Seharusnya dibenahi dulu di dalam negeri, pastikan ketahanan pangan kita betul-betul terealisasi. Kenapa? Ya karena negara lain juga pasti mikir-mikir menyuplai pangan ke kita ketika dihadapkan cuaca ekstrem, kekeringan karena El Nino misalnya,” ungkapnya dikutip Banauterkini.com, Sabtu (15/07/2023).

Gus Imin mengingatkan kembali komitmen Presiden Jokowi untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi ancaman krisis pangan global.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev